Selesaikan Masalah Papua Sampai Akarnya

Tatapan-tatapan sinis dari orang-orang yang termakan info berita yang berulang-ulang ditonton lalu mengabarkan peristiwa itu. “Awalnya mengira itu perasaan saja namun ternyata bisa saja dugaan saya itu benar” tulis seorang kawan suatu ketika di chat.
upacara HUT 1 Desember 2018 Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - sumber fb/tpnpbnews
"Ramainya pemberitaan tentang penyerangan yang dilakukan oleh tentara Pembebasan Nasional Papua Barat hingga menewaskan puluhan orang tersebut membuat kami anak Papua yang ada dikota-kota di Indonesia merasa sedikit tidak nyaman". lanjut kawan itu

Dalam sebuah komentar di status facebook, keluarga dari  salah satu korban mengomentari dengan sebuah pertanyaan: “Brader kenapa kalian bunuh saudara kami? kenapa harus warga sipil”  pertanyaan dalam komentar ini sampai saat ini tidak saya jawab. Hal ini tentu bukan sengaja atau tidak, tetapi terkait penyerangan yang terjadi murni dilakukan oleh militer Papua (TPN-PB) dan itu bukan sipil bersenjata. Ranah yang berbeda; berbeda dengan kami generasi Papua yang memperjuangkan hak menentukan nasib sendiri melalui jalanan.

Terkadang melalui jalanan kami suarakan tentang kekerasan demi kekerasan yang berlangsung ditanah Papua, kami mendesak menarik militer Indonesia dari Papua, baik organic maupun non organik, kami bahkan mendesak pemerintah Indonesia untuk merespon tuntutan rakyat Papua dan jangan menutup mata soal itu. Namun apalah daya. Setiap aksi –aksi terkadang diperhadapkan dengan represifitas aparat maupun ormas.
Peristiwa-peristiwa seperti ini tidak akan selesai bila akar persoalan tidak dituntaskan; bisa saja menambah trauma masyarakat Papua karena kehadiran militer Indonesia dalam jumlah besar. Dengan persenjataan yang lengkap memburu Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat yang notebene adalah warga Papua, warga setempat pemilik sah negeri.

Apa akar persoalannya, jelas persoalan pendudukan indonesia atas tanah Papua semenjak 1960an, pelanggaran Hak Asasi Manusia, dan sebagainya.

Semenjak pendudukan Indonesia semenjak itu pulalah persoalan Papua vs Indonesia dimulai, sejarah tak bisa dibungkam apalagi dihapus dari generasi bangsa Papua. Sehingga solusi terbaik bagi pemerintah indonesia adalah menyelesaikan persoalan Papua sampai tuntas agar tidak terulang dikemudian hari, hidup berdampingan sebagai bangsa dan negara merdeka dan dapat menjalin juga kerjasama antar negara kedepan.

Perjuangan jalan terus…
#SalamJuang

By. Phaul Heger
Rekomendasi Untuk Anda × +

0 Response to "Selesaikan Masalah Papua Sampai Akarnya "

Post a Comment

Silahkan menanggapi melalui kolom ini dengan bahasa yang santun, link aktif berupa spam dan link p*rno, togel akan dihapus.