PANGGUNG BUDAYA Hancurkan Cinta Yang Membungkam Rakyat Papua

Baca Juga

Yogyakarta –  Kain putih bertuliskan “PANGGUNG BUDAYA Hancurkan Cinta Yang Membungkam Rakyat Papua” nampak didepan; bendera organisasi Aliansi Mahasiswa Papua juga sebuah gambar bendera Bintang Fajar disisi kanan. Panggung Budaya yang digelar pada sabtu 21 Juli 2018 di Asrama Mahasiswa Papua Kamasan I Yogyakarta; sebagai bagian dari ruang membangun kebersamaan dan persatuan diantara sesama mahasiswa Papua maupun kawan-kawan yang bersolidaritas dalam mendukung perjuangan rakyat Papua.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian mahasiswa atas peristiwa yang terjadi di Papua dari waktu ke waktu dan terutama yang baru saja terjadi yakni di kabupaten Nduga. Peristiwa penyerangan oleh militer Indonesia ke basis pertahanan Kodap III Ndugama. Peristiwa penyerangan yang menyebabkan trauma dan ketakutan dikalangan masyarakat hingga menyebabkan pengungsian masyarakat kedaerah yang aman.
Panggung budaya ini juga menampilkan drama, yang menyorot kehidupan mahasiswa yang malastau dengan keadaan ditanah air Papua. Dan lebih mementingkan penggunaan media social, facebook, instagram dan lainnya untuk kesenangannya tanpa mempedulikan peristiwa terkini ditanah air. Dalam hal budaya yang makin terkikis, juga disorot yakni ketika patola yang bukan budaya dijadikan ajang pamer  pantat itu malah disenangi untuk ditonton; padahal saat yang sama berbagai peristiwa ditanah air membutuhkan peran serta mahasiswa dalam menyuarakannya.
Orasi politik perwakilan FRI-WP oleh kawan Rico - doc Randy
Selain drama, ada orasi politik dari mahasiswa Papua maupun dari kawan-kawan solidaritas. Selanjutnya diisi dengan nyanyian lagu berbahasa daerah, lalu ada juga Yospan dan sebelum berakhir ada juga pernyataan bersama yang disampaikan terkait dengan situasi di Nduga; yakni Mahasiswa Papua Menolak pendudukan paksa militer indonesia di Nduga selengkapnya  nonton pernyataan divideo dibawah ini:

Sebagai penutup yospan bersama diiringi lagu-lagu yospan dan waita. Dari Aliansi Mahasiswa Papua komite kota Yogyakarta juga menyampaikan kepada semua mahasiswa yang hadir terkait informasi aksi longmarch yang akan digelar senin besok sehingga partisipasi dari kawan-kawan yang sudah hadir juga sampaikan buat yang tidak hadir untuk ambil bagian dalam aksi tersebut.(PH)

Silahkan menanggapi melalui kolom ini dengan bahasa yang santun, link aktif berupa spam dan link p*rno, togel akan dihapus.
EmoticonEmoticon