Facebook Tingkatkan Keamanan Usai Skandal Cambridge Analytica

Baca Juga

Jakarta, CNN Indonesia -- Skandal kebocoran data yang memengaruhi 87 juta pengguna mendorong Facebook berbenah, terutama memperbaiki sistem keamanannya. Facebook memberikan pembaruan berupa pengamanan berlapis.
Facebook meningkatkan sistem keamanan dengan merilis
fitur autentifikasi dua faktor. (Foto: REUTERS/Charles Platiau)

Autentifikasi dua faktor ini diklaim bisa mempertebal sistem keamanan akun pengguna. Facebook memberikan opsi autentifikasi menggunakan nomor ponsel atau melalui aplikasi autentifikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile.

Pengubahan pengaturan autentifikasi bisa dilakukan melalui komputer atau perangkat mobil yang belum pernah digunakan untuk mengakses Facebook. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini akan mengirimkan kode autentifikasi ke ponsel atau aplikasi yang sebelumnya telah dipilih.

Product Manager Facebook Scott Dicken mengatakan opsi autentifikasi dua faktor memudahkan pengguna yang tidak memilii nomor ponsel. Disamping itu, autentifikasi ini jadi sistem keamanan tambahan terbaik yang ditawarkan Facebook untuk saat ini.

"Autentikasi dua faktor merupakan praktik terbaik industri untuk memberikan keamanan tambahan. Kami senantiasa mendorong pengguna untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor guna memberikan lapisan perlindungan tambahan kepada akun Facebook mereka," kata Scott dalam keterangan tertulis, Jumat (25/5).
Foto: Dok. Facebook

Untuk menggunakan fitur ini, bisa diakses melalui menu pengaturan akun. Pengguna tinggal memilih sistem autentifikasi yang dirasa paling mudah.

Pertama-tama masuk ke menu pengaturan akun - kemudian pilih 'keamanan dan info log in' yang akan menampilkan bagian autentifikasi dua-faktor. Langkah berikutnya, pengguna bisa mengaktifkan sistem keamanan ini dengan memasukkan kembali kata sandi yang dipakai untuk log in.

Setelah itu, pengguna bisa memilih metode keamanan yang paling sesuai dengan pengguna. Bisa melalui pengiriman kode autentikasi lewat SMS ke ponsel atau melalui aplikasi.

Apabila autentifikasi dilakukan lewat SMS, cukup masukkan nomor ponsel untuk mendapatkan kode konfirmasi yang dikirimkan Facebok. Kode yang diterima lewat SMS harus dimasukkan sebagai kode konfirmasi untuk mengamankan fitur autentifikasi dua faktor.

Sementara jika memilih melalui aplikasi, akan ada kode yang perlu dipindai dan dimasukkan ke aplikasi. Kode konfirmasi berupa barcode juga harus dimasukkan seperti opsi sebelumnya. Namun pastikan jika memilih opsi ini, pengguna sudah lebih dulu mengunduh aplikasi Google Authenticator atau autentifikasi duo. (evn).

Sumber: www.cnnindonesia.com/teknologi

Silahkan menanggapi melalui kolom ini dengan bahasa yang santun, link aktif berupa spam dan link p*rno, togel akan dihapus.
EmoticonEmoticon