BURUH FREEPORT YANG MOGOK DIABAIKAN PUBLIK PAPUA

"DARI 8.300 ORANG  BURUH FREEPORT YANG MOGOK : 21 BURUH MENINGGAL DUNIA KARENA BPJS DINONAKTIFKAN"



Sesuai dengan pembertiaan disebutkan bahwa ada 8.300 orang Buruh yang mogok kerja.

Dari jumlah tersebut ada 21 orang buruh meninggal akibat pemblokiran hak normatif khusysnya Hak mendapatkan BPJS Kesehatannya. Kondisi itu, belum dihitung nasib anak, istri dan keluarga  yg masuk dalam tanggungan pekerja (orang tua) yang sedang mogok kerja.
Demo  - sumber Tribun/google

Fakta itu malah diabaikan begitu saja oleh Pemerintah Kabupaten Timika serta BPJS Timika, Pemerintah Propinsi Papua, Pemerintah Pusat serta BPJS Pusat dan bahkan PT. Freeport Indonesia yang telah memutuskan hubungan kerja dengan para buruh freeport yang mogok itu.

Kondisi itu membuat buruh freeport yang mengunakan hak mogok dalam melawan PHK hendak memperjuangkah Hak Atas Keadilannya dengan cara mengugat Kepala BPJS Timika, Kepala BPJS Pusat, Pemerintah Indonesia dan PT. Freeport Indonesia melalui Gugatan CLS ke PN. Jakarta Pusat.

Misi mulia Buruh Freeport Yang Mogok itu nampaknya berjalan sendiri, padahal apa yang diperjuangkan buruh tersebut adalah Pemenuhan Hak Ekosob yang merupakan HAM dimana negara melalui pemerintah memiliki kewajiban aktif untuk memenuhinya sesuai dengan amanat UUD 1945, UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No 11 Tahun 2005 tentang Ratifikasi Kovenan Internasional tentang Hak Ekonomi Sosial dan Budaya.

Mengapa Pemerintah Kabupaten Timika, Pemerintah Propinsi Papua dan Pemerintah Pusat diam ketika Buruh Freeport Yang Mogok memperjuangkan Hak Ekosobnya ?.

Mengapa orang papua diam ketika saudaranya Buruh Freeport yang mogok sedang menuntut Hak Ekosobnya ?.

Mengapa wartawan tidak memberitakan perjuangan buruh freeport yang mogok ?.

Mengapa Tokoh Agama Papua tidak membahas persoalan Buruh Freeport yang Mogok ?.

Mengapa Tokoh Perempuan Papua tidak membahas persoalan buruh freeport yang mogok ?.

Mengapa aktivis pemuda dan mahasiswa papua tidak membahas nasib buruh freeport yang mogok ?.

Akhirnya ditengah situasi itu mengapa semua diam membisu padahal perjuangan buruh freeport yang mogok dilakukan di depan kita semua.


#Hidup Buruh
#Hidup Buruh Freeport Yang Mogok.


BURUH BERKUASA, RAKYAT SEJAHTERA

(Wissel Van Nunubado)