Cerita Singkat Tentang Bagaimana Leluhur Fakfak Mbaham mengenal Agama

Baca Juga

Arakan Salib di Kampung Sekru - ilustrasi - papua.us
Tidak bisa dimungkiri ketika kajian sebuah persolan dibuktikan dengan kajian ilmiah, namun untuk cerita singkat ini sengaja saya angkat ke permukaan sebagai bahan refrensi awal untuk mengenal lebih dekat sperti apa leluhur Fakfak mengenal agama....

Mula mula ketika Para leluhur di datangi dalam tiga wilayah berbeda dan juga disaat bersamaan dalam bentuk " Roh " (Hori) bahasa iha menyampaikan pesan bahwa berita tentang terang yang akan datang terimalah karena akan mengajarkan kebaikan dan kebenaran ilahi,....

Tiga kawasan tersebut adalah :
1.Kampung Bunga Bungapur
Roh datang dan menyampaikan lansung saat itu
2. Kampung kwamkwamur
Roh datang serta menurunkan lansung sebuah kitab suci yang dikenal sekarang dengan Alkitab.
3. Sungai Mahamboudmur
Disini disampaikan bahwa sumber air yang mengalir ini seblah untuk Saudara yang pemeluk agama yang satu dan yang satunya untuk lainnya.

Luar biasa sekali leluhur kita lebih dulu mengetahui bahwa akan ada perdamaian dan ketenangan , tidak akan ada Perang Saudara " Kambir ( Hongi) melalui terang yang akan datang serta melalui wahyu yang diterima lansung saat itu , yang diyakini bahwa roh yang datang saat itu adalah Nia Kenda wiri Renggi ( Tuhan Allah Maha pencipta) Sendiri.

Pemerintahan dan Agama masuk leluhur kita sudah siap menyambut karena mereka sudah lebih dulu melakukan perdamaian satu wilayah dan wilayah lainnya, sementara alam yang masih dianggap belum berdamai dengan manusia leluhur kita melaksanakan ritual adat untuk menenangkan tempat tempat tertentu yang dianggap belum bersahabat.

Mengapa saya katakan leluhur kita siap menyambut pemerintah dan agama...?
Kita lihat hari ini dengan situasi 149 kampung yang ada; yang tersebar di 17 Distrik kabupaten Fakfak Agama menyebar dan letaknya berdekatan serta berdampingan sebagai agama keluarga.

.....Betapa Hebatnya Leluhur Kita....
Meletakan Pondasi Iman kepercayaan kita yang Kokoh......

Fakfak,28 -03-2018
By : Semuel Hegemur

(repost dari updatetan facebook)