Kepolisian Negara MSG Sepakat Tekan Kejahatan Lintas Negara

Kapolri Tito Karnavian saat memimpin pertemuan dengan negara-negara MSG di Jakarta. (Foto: Mabes Polri)

KBR, Jakarta-Pertemuan Kepolisian dengan dengan negara-negara anggota Melanesia Spearhead Group (MSG) untuk menyusun strategi keamanan regional. Kepala Kepolisian Indonesia Tito Karnavian mengatakan, hal utama dari strategi itu yakni untuk menekan kejahatan yang terjadi di lintas negara.

Kata dia, semua negara MSG memiliki komitmen yang sama untuk memerangi kejahatan seperti narkotika dan perdagangan manusia.


"Dalam rangka untuk menunjang operasipeace keeping, operasi perdamaian. Yang lain adalahworking groupuntuk membentuk namanya RSS, Regional Security Strategy, jadi bagaimana membuat strategi keamanan regional di MSG, ini akan dibentuk kelompok kerja, working group," kata Tito di Hotel Borobudur, Selasa (14/03/17).


Tito mengatakan, kelompok kerja yang beranggotakan Kepolisian di semua negara MSG itu akan mulai membahas Regional Security Strategy tahun ini. Kata Tito, hal utama dalam strategi itu adalah menekan berbagai bentuk kejahatan yang melibatkan lebih dari satu negara. Kejahatan yang biasa terjadi lintas negara itu misalnya terorisme, transaksi narkota, dan perdagangan manusia.


Tito berujar, negara-negara MSG juga ingin membentuk akademi kepolisian bersama. Kata Tito, Indonesia mendukung dan ingin berpartisipasi dalam rencana tersebut, misalnya saat penyusunan kurikulum.


Pertemuan petinggi Kepolisian negara MSG itu dihadiri oleh Kepala Kepolisian Fiji Sitiveni Qiliho, Menteri Pertahanan Solomon Peter Shanel Agavoka, dan Kepala Kepolisian Papua Nugini Gari Baki. Setelah pertemuan ini, mereka akan mengunjungi beberapa fasilitas pelatihan milik Polri, termasuk mengunjungi Markas Brimob di Jakarta dan Akademi Kepolisian di Semarang. (Dian K)


Sumber" http://kbr.id

Kalo suka, jang lupa klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Kepolisian Negara MSG Sepakat Tekan Kejahatan Lintas Negara