Dirumah sakit Wamena, Yang Sakit Ibu Tapi Meninggal Bayinya


Seorang ibu yang berasal dari Kampung Bomela Wamena, melahirkan pada 6 Februari 2017 dengan kondisi normal; namun sang ibu kemudian mengalami sakit sehingga dibawa berobat  oleh suaminya ke Rumah Sakit Umum Wamena pada 8 Februari 2017.

Dirumah sakit tersebut, ibu dan bayinya dipisah, karena yang sakit hanya ibunya dan bukan si bayi; si ibu akhirnya diinfus  perawat dan menjalani pengobatan.

Setelah dua hari menjalani perawatan di rumah sakit, pada 10 Februari 2017 sang ayah diberitahukan bahwa, bayinya telah meninggal.  Menurut suster yang merawat si Bayi terkena infeksi yang menyebabkan kematian. Ayah si bayi tidak terima Karena dari awal masuk berobat yang sakit itu ibunya dan bukan si bayi. Bahkan selama dua hari antara ibu si bayi yang sakit dan bayinya terpisah.

Ketika melihat kondisi bayi dengan tangan bekas infus semakin menambah pertanyaan apa yang terjadi dengan bayi ini. Mengapa tidak ada informasi kepada ayah si bayi dari perawat atau suster yang merawat. Langsung mengambil tindakan yang berakibat pada meninggalnya si bayi.

Tidak terima dengan keadaan itu sang ayah melaporkan peristiwa ini kepada berbagai pihak, antaralain pihak gereja dan juga aktivis HAM Papua.

Memang disatu sisi ia menyadari, ini mungkin takdir tetapi sangat aneh karena yang sakit itu ibunya, dan mungkin saja, si ibu yang dikuatirkan bukan si bayi, malah si bayi yang meninggal. Ia mengingatkan kepada masyarakat yang lain untuk tetap berhati-hati saat berobat ke rumah sakit umum.

Baroy Sambom yang juga Aktivist  HAM dalam laporannya kepada media ini, menilai pemeritah tidak perduli sama rakyat, hanya uang dan suara saja yang dikejar namun tidak diperhatikan tempat orang asli Papua mati banyak dirumah sakit  wamena. Dan tidak pernah orang asli west Papua masuk berobat dirumah sakit itu, tidak pernah orang papua selamat namun hanya mayat-mayat terus keluar dari rumah sakit wamena , maka laporan ini fakta yang terjadi.

Laporan : Baroy Sambom
Editor : Phaul Heger

Kalo suka, jang lupa klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Dirumah sakit Wamena, Yang Sakit Ibu Tapi Meninggal Bayinya