5 Cara Mengetahui Akun Facebook Palsu

Advertisemen

Hampir semua pengguna facebook, termasuk ko yang saat ini ada baca artikel ini pasti alami; ada permintaan pertemanan dari akun yang sama sekali tra dikenal. Sebelum melanjutkan yang sa maksud dengan “akun facebook palsu” adalah akun samaran yang dibuat entah untuk tujuan apa, yang pasti hanya diketahui oleh siempunya akun. Misalkan cewe buat akun palsu untuk ikuti aktivitas pacarnya, begitu pula sebaliknya. Atau kawan ko yang  aktif berbagi info-info Papua merdeka, atau ko juga bagian dari aktivis jalanan sudah pasti ada akun yang akan memantau pergerakan.
So karena begitu, ada cara-cara untuk mengetahui kalau akun itu akun samaran alias akun palsu. Dan sudah pasti tidak perlu diterima/dikonfirmasi.

Cara-cara mengetahuinya adalah sebagai berikut:

1.    Nama dan Tentang
Ada nama alias, ada juga nama singkat dan ada nama lengkap dengan marga. Bila nama yang dipakai tidak ada marga atau nama samara yang tidak dikenal sebaiknya ditunda konfirmasi sambil memastikan dengan cara ke-2 sampai 5.

2.    Teman Bersama
Jumlah teman bersama minimal 15 atau 20, jika tidak ada teman bersama, itu artinya akun tersebut patut dicurigai.

3.    Privacy akun tersebut
Ada pengaturan public dan pengaturan untuk dilihat sesama teman, bila akun tersebut pada cara 1 dan 2 sudah diragukan maka bisa dilihat pada privacynya tertutup atau terbuka. Bila akun asli pasti ada updaten dan profile diri yang jelas tetapi bila itu akun yang buru-buru dibuat untuk mengikuti anda maka sudah pasti separuh info tidak diisi dengan benar. Bahkan jenis kelamin dan tanggal lahir pasti hanya karangan.

4.     Jumlah teman
Ini bagian yang bisa dicermati, berapa jumlah teman akun tersebut. Andai 1000 maka bisa jadi akun itu benar dan bukan akun yang menyamar untuk mengikuti anda.

5.    Jumlah album atau foto yang diupload
Coba lihat berapa banyak jumlah  foto yang ada didalam akun tersebut? Bila jumlah foto 5 – 10 maka sudah pasti itu akun palsu. Kalau akun asli dari teman bisa dibedakan dari foto yang diuplod itu jelas dan jumlah foto akan lebih dari 10 bahkan bisa ada album yang  lebih dari 1.

Masih ada beberapa cara lainnya untuk memastikan akun tersebut, namun dibatasi hanya 5 cara yang sa anggap agak mudah. Semoga bermanfaat, bila ada tambahan dari kawan silahkan dikomentar.

By. Phaul Heger
Advertisemen