5 Cara membedakan web / blog pro Papua dan kontra

Daftar Situs tidak jelas - ils sumber: Majalah KNPB page 9
Kemajuan teknologi Informasi  yang begitu cepat sehingga peristiwa yang terjadi disuatu tempat dapat dengan mudah dan dalam waktu yang singkat diketahui ditempat lain. Internet menjadi suatu kebutuhan kekinian yang telah merenggut waktu penggunanya. Sisi positif dan negatifnya tentu ada, tergantung si pengguna. Kemajuan teknologi informasi berbasis pada web dan blog juga dimaksimalkan untuk menjadi ruang pemberitaan. Mulai dari website resmi sampai blogger pribadi. Muatan atau konten beragam dari politik sampai yang bersifat pribadi. Cerita keseharian dan sebagainya.

Perjuangan Bangsa Papua juga dimaksimalkan dengan social media yang ada untuk kampanye. Tadinya informasi tentang papua begitu lambat dan bahkan jarang dimuat dikoran nasional, kini dengan hadirnya web/blog hampir terpublikasi dengan cepat.

Namun dibalik perjuangan bangsa Papua dalam menyebarkan informasi itu, akhir-akhir ini bermunculan berbagai situs web/blog dengan konten yang arahnya jelas memutar balikan fakta. Atau dengan kata lain, mencoba mematahkan dan menjatuhkan organ-organ perjuangan milik bangsa Papua. Contoh, blog atau web yang isinya hanya menyudutkan KNPB, AMP, ULMWP, Gempar dan sebagainya.
Oleh karena hal yang saya sebutkan diatas alangkah baiknya tips-tips ataupun cara tepat membedakan mana situs web atau blog yang anti Papua merdeka dan mana yang pro Papua Merdeka. Untuk membedakan mudah saja dan berikut 5 cara membedakan, antaralain:

1.    Nama Web / Blog
Nama web/blog erat kaitannya dengan postingan didalamnya. Jika nama blog saja sudah ditambah-tambah patut dicurigai dan lihat ke bagian yang lainnya, misal isi dari postingan atau profilenya. Contoh pertama, yang bisa dilihat, ada www.tabloidjubi.com itu media berita no 1 ditanah Papua dan yang kontra dan isi beda, tabloidjubi.blogspot.com ini jelas nama diikuti tapi hanya di blogger.com ; contoh kedua ada www.freewestpapua.org situs media campaign Free West Papua Internasional, yang ikut rame dan coba isi muatan blog dengan berita/opini palsu: free-west-papua-new.blogspot.co.id/

2.    Profile Web / Blog
Yang paling penting dan utama juga untuk dilihat, ad aka trada profile dari pemilik web/blog tersebut. Minimal ada keterkaitan akun ke facebook ataupun di link profile yang lain. Sehingga jelas blog atau web tersebut.

3.    Konten Blog (Isi web / blog)

Ini yang paling utama sudah!, ada judul dan ada uraian dari judul tersebut. Kalau sudah lihat nama web / blog  yang punya profile trajelas, dan ulasan didalam terkesan sudutkan organ perjuangan itu pasti kontra Papua merdeka. Dibuat untuk bangun opini yang menyesatkan dan ini yang patut diantisipasi.

4.    Tahun web/blog mulai
Dari hasil browsing dan juga sebaran link-lin web blog kontra Papua merdeka serta kunjungan kesitus  web/blog, ada beberapa yang dapat dilihat waktunya sama. Mulai dibuat dan paling ramai pada akhir tahun 2015 dan pada pertengahan tahun 2016. Mungkin ada juga yang lebih lama, tetapi kemunculan media-media anti Papua ini bertepatan dengan isu Papua merdeka yang mendunia.

5.    Jumlah postingan kontra
Silahkan lihat diartikel terkait lainnya. Bila isinya masih tetap sama, dalam hal ini menjatuhkan organ perjuangan, pada akhirnya tetap mengarahkan ke nasionalisme sempit. Sudah pasti, jangan diteruskan tetapi segera tinggalkan web/blog tersebut. Jangan membaca dan ikutan berbagi dari web/blog kontra tersebut.

Masih ada tambahan poin lainnya tapi sa batasi hanya 5 cara. Dan untuk mengetahui mana yang milik perjuangan dan sesama anak bangsa dapat dilihat dari muatan dan isi berita yang ada didalam web/blog. Sudah pasti ada bendera Bintang Kejora, ada lambang Negara, atau yang media berita umum yang  muatannya tidak putar balik fakta.

Contoh website / blog Papua yang ada:

www.tabloidjubi.com
www.suarapapua.com
www.sastrapapua.com
www.freewestpapua.org
www.sosialispapua.com
www.papuapost.com
www.ulmwp.org
www.ampnews.org
http://dfait.federalrepublicofwestpapua.org/
www.bennywenda.org
www.hermanwainggai.net
www.tabloid-wani.com
www.karobanews.com
www.anginselatan.com
dan masih banyak lagi yang tidak disebut disini. (silahkan kawan tambahkan dikomentar)

By. Phaul Heger

Kalo suka, jang lupa klik "like/suka" di bawah ini:

Related : 5 Cara membedakan web / blog pro Papua dan kontra