Pesan Sekjen PBB di Hari HAM Internasional

Advertisemen

Dunia memperingati hari hak asasi manusia internasional setiap tanggal 10 Desember. Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Ban Ki-Moon menekankan pentingnya persamaan hak asasi manusia di setiap negara.
"Sebagai Sekretaris Jenderal PBB selama dua dekade terakhir, saya telah berulang kali menekankan pentingnya tiga pilar PBB," kata Ban, Sabtu, 10 Desember 2016.
 "Tiga pilar itu adalah perdamaian, pembangunan berkesinambungan dan hak asasi manusia."
Ban menekankan poin-poin yang termaktub dalam Deklarasi Universial Hak Asasi Manusia di Paris pada tahun 1948. "Isinya antara lain memberikan hak yang sama dan tidak bisa dicabut dari semua umat manusia adalah landasan kebebasan, keadilan dan perdamaian dunia," ujar dia.

Sayangnya, Ban menilai banyak negara yang mengkhianati deklarasi itu. Akibatnya, nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung di dalam beleid itu kini sudah mulai meredup.

Padahal, deklarasi itu diteken oleh hampir seluruh negara anggota PBB. "Harusnya langkah demi langkah, kita dapat membangun masa depan dunia berdasarkan nilai-nilai kesetaraan bersama dan menjunjung tinggi martabat manusia," ujar pria asal Korea Selatan itu.
Alumnus Universitas Harvard itu mengimbau kepada seluruh penduduk di muka bumi ini untuk selalu menjunjung tinggi kemanusiaan. "Mari kita sama-sama membela hak-hak seseorang. Mulai hari ini, besok dan seterusnya."
Ban juga berharap seluruh masyarakat dunia tidak melakukan perbuatan diskriminatif terhadap sesama. "Di manapun kita berada, jangan lagi kita membuat perbedaan. Contoh kecilnya seperti di lingkungan kita,  di sekolah, di tempat kerja, di media sosial, di rumah, bahkan di arena olahraga di seluruh dunia," ujar dia. 
UN
Sumber: netz.id
Advertisemen