Header Ads

Perjuangkan Pembebasan West Papua, Belasan Aktivis Ditangkap


Jogja – Massa dari Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) melakukan aksi di Jalan Malioboro Yogyakarta untuk menuntut Hak Menentukan Nasib sendiri Bagi Bangsa West Papua, Kamis (1/12/2016) kemarin. Berbagai peristiwa mewarnai aksi tersebut, salah satunya 14 massa aksi dan 3 pendamping hukum dari LBH Yogyakarta, diangkut menggunakan truk milik Polresta Yogyakarta dan digelandang ke Markas polisi.
Edo, salah satu pendamping hukum dari LBH Yogyakarta yang juga ikut dibawa ke Mapolresta Yogyakarta saat dikonfirmasi mengaku, pihaknya sendiri pun tidak tahu pasti apakah massa aksi dalam konteks ditangkap karena melakukan suatu tindakan hukum atau hanya sebatas diamankan saja. Hal itu yang kemudian dikonfirmasikan oleh pihak LBH kepada aparat kepolisian, walaupun hingga kini mereka belum mendapatkan jawaban yang pasti.
“Soal diamankan atau ditangkap, kami kemarin dalam pendampingan sempat menanyakan hal itu ke kepolisian tapi kami tidak mendapatkan jawaban,” katanya, Jumat (2/12/2016).
Belasan massa aksi yang dibawa ke kangor polisi siang kemarin diantaranya Reza (LSS), Kukuh (KPO PRP), Gevan (Pembebasan), Opan (PMD), Randi (Pembebasan), Adli (Pembebasan), Danial (PPRI), Opik (PMD), Asrul (Pembebasan), Andi, Aruk, Katek dan beberapa orang lainnya. Namun pada petang harinya, belasan orang itu kemudian dilepaskan oleh pihak kepolisian. Menurut Edo, tak hanya perlakuan itu saja yang dialami massa aksi. Lima diantaranya bahkan diakui oleh dia sempat mendapatkan kekerasan yang dilakukan oleh aparat saat dipaksa naik ke truk untuk dibawa ke Mapolresta.
“Saat massa didorong ke truk ada peristiwa kekerasan yang dilakukan anggota polisi dan ormas. Sehingga ada lima orang yang mengalami luka luka,” lanjut dia.
Sumber: Sorotjogja.com

Terimakasih Sudah Membaca serta Kunjungan anda disini

Kalau suka, silahkan klik "like/suka" di bawah ini:

No comments

Silahkan menanggapi melalui kolom ini dengan bahasa yang santun, link aktif berupa spam dan link p*rno, togel akan dihapus.

Powered by Blogger.