Puluhan Ribu Rakyat Papua Berpindah Jadi Warga Negara PNG

Pengungsi dari Papua di Kiunga Diocese, Papua Nugini, berdiri di depan rumah mereka pada sebuah foto yang dibuat pada tahun 2011. Pengungsi dipaksa membangun rumah mereka pada lahan-lahan yang tak bertuan, dimana lebih dari 90 persen lahan di Papua Nugini dimiliki oleh penduduk setempat (Foto: : Peter Balleis SJ/ JRS/Spotlight)

PORT MORESBY, Setidaknya 10.000 rakyat Papua akan beralih menjadi warga negara Papua Nugini, setelah beberapa dekade berada di negara itu dengan status sebagai pengungsi.

Otoritas Kependudukan dan Imigrasi Papua mengatakan akan mulai mendaftar semua pengungsi Papua yang telah menyeberang dari Indonesia dengan status pengungsi ke PNG.

"Sejauh ini kami memiliki lebih dari 10.000 pengungsi dari Papua yang telah tinggal bersama kami untuk waktu yang sangat lama, dan kami telah memulai pendaftaran mereka dengan harapan akhirnya memberikan mereka status hukum," kata  Wakil Kepala Migrasi untuk Divisi Pengungsi PNG, Esther Gaegaming, sebagaimana dilansir dari asiapacificreport.nz.

"Kami senang mengumumkan bahwa lebih dari 1000 dari mereka, telah menyelesaikan aplikasi dan mereka akan menghadap Komite Penasihat Kewarganegaraan segera untuk penerbitan kewarganegaraan mereka," tambah dia lagi.

"Jumat ini, tim dari kantor kami akan memulai pendaftaran di Vanimo, salah satu dari daerah pemukiman pengungsi terbesar bagi pengungsi Papua. Kami akan pergi ke Wewak setelah itu dan kemudian ke Lae."

"Jadi pada akhir tahun ini, kami berharap untuk lebih dari 85 persen dari pengungsi Papua sudah terdaftar," kata dia.
"Saya bangga mengatakan bahwa PNG memenuhi kewajibannya sebagai penandatangan Konvensi 1951 PBB tentang status pengungsi. PNG sekarang memiliki kerangka hukum dan prosedural untuk memproses klaim pengungsi di bawah Undang-Undang dan Peraturan Migrasi," kata Gaegaming.

"Kami juga memiliki sistem di tempat untuk pendaftaran dan naturalisasi pengungsi dari Papua yang telah tinggal di Papua Nugini selama beberapa dekade."

"Kami juga memiliki kebijakan pengungsi nasional yang jelas dalam  hal-hal pengungsi, termasuk pedoman tentang pemukiman kembali pengungsi di PNG. Dan yang terutama, kami memiliki tim yang dikhususkan menangani hal ini," kata dia.
Sumber: Satuharapan.com

Related : Puluhan Ribu Rakyat Papua Berpindah Jadi Warga Negara PNG