Ini Laporan Resmi KNPB, 1204 Orang DiTangkap Polisi indonesia

LAPORAN RESMI KNPB : 10 -15 JUNI 2016 POLISI INDONESIA TANGKAP 1.204 ORANG DI PAPUA
LAPORAN KRONOLOGIS DAN DAFTAR NAMA-NAMA PENAGKAPAN DALAM  AKSI DEMO DAMAI RAKYAT  YANG DIMEDIASI OLEH KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (KNPB)  DALAM RANGKA PENOLAKAN TIM PENANGANAN BUATAN JAKARTA.

Aksi demo damai rakyat Papua Barat bersama organisasi gerakan yang terkabung dalam ULMWP yang dimediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai media rakyat di seluruh wilayah sorong-sampai merauke dilakukan secara serentak baik aksi demo damai maupunibadah terbuka serta konfrensi pres di masing-masing wilayah.

Aksi demo nasional ini dilakukan dalam rangka menolak tim penyelidikan pelanggaran HAM di Papua yang dibentuk menkopolhukam Luhut Panjaitan dan mendukung tim pencari fakta dari pasifik Island Forum (PIF). Dari pantauan kami KNPB News diberbagai wilayah melakukan kegitan Ibadah maupun aksi demo turun jalan secara damai yang dimediasi KNPB secara serentak. Aksi ini bukan hanya dilakukan di Papua Barat namun di Luar Papua seperti KNPB konsulat Manado, KNPB konsulat korontalo AMP se jawa bali.

Khusus di Papua ada beberapa wilayah melakuan aksi secara terbuka antara Lain : Kota jayapura, KNPB wilayahn sentani Kabupaten Jayapura, KNPB wilayah Yahukimo, KNPB Yahukimo, KNPB timika KNPB numbay di jayapura dan KNPB paniai serta KNPB Ndugama . sementara beberapa wilayah lain seperti  KNPB manokwari, KNPB fakfak, KNPB sorong , KNPB  kaiman, KNPB nabire Asmat, bovendigole dan Pengunugan Bintang.

Dalam aksi ini juga terjadi penagkapan saat aksi mapupun sebelum aksi, pada tanggal 15 Juni  2016 ,sekitar 1.104  orang yag ditangkap. Yaitu 100 orang ditangkap di Wamena. 1.004 orang ditangkap di Sentani .

Sedangkan sebelum aksi mulai tanggal 10 sampai dengan 13 juni 2016, pada tanggal 10 Juni lalu aparat dari Polresta Jayapura tangkap 31  aktivis KNPB Numbay ditangkap saat bagi selebaran . pada tanggal 13 Juni 2016  65 aktivis KNPB Wilayah sentani ditangkap kemudian pada tanggal yang sama, yaitu 13 juni 2016 , 4 aktivis KNPB nabire ditangkap

Total penagkapan khusus di Papua mulai tanggal 10-15 juni 2016, Kepolisian menagkap  1.2004 (seribu dua ratu empat orang di tangkap kepolisian di Papua. Jumlah 1. 2004 0rang ini tidak termasuk penagkapan mahasiswa di luar papua tetapi angka ini hanya di papua yang dirumuskan oleh KNPB.

KORNOLOGIS DAN NAMA-NAMA SILAKAN LIHAT DALAM HALAM BERIKUT DALAM TABEL
Kornologis kota Jayapura : Kota Jayapara beberapa Titik kumpul massa aksi antara: Dok V Jayapura, Taman Imby pusat Kota Jayapura, Linkaran Abepura, Terminal Expo Waena, Perumnas III Putaran Takxi waena. Semua titik hadan oleh pihak aparatur gabungan TNI, POLRI, Brimob yang dengan kekuatan jumlah yang besar.
PERUMNAS III GAPURA UNCEN BARU WAENA
PERUMNAS III: Pantauan kronolog di titik kumpul massa aksi di Gapura Uncen Waena, jam 05.00 wpb ada sebua mobil warna hitam plat milik polisi di depan Sekertariat BEM uncen. Jam 06.00 wpb, gabungan personil dari TNI/PLRI, BRIMOB tiba satu demi satu dalmas. Pada jam 06.30 wpb sampai 07.33 wpb, gabungan aparatbpolisi, TNI, BRIMOB, melakukan apel pagi di lapangan belakan BEM uncen. Pada jam 07.35 wpb aparat melakukan pembagian titik penjagaan. Pada jam 10.57 wpb massa aksi dari dua titik tiba di jalan naik uncen dan samping gerbag jalan Kamwolker. Pada jam 10,58 wpb begitu tibia di lakukan orasi politik oleh Tuan, Mecky Yeimo dan Tn, Agus Kossy di gapura Uncen. Sementara mssa mulai bergerak maju ke kantor DPR aparat yang menghadan massa gapura uncen Perumnas III dengan kekuatan aparat 20 personil bersenjata laras panjang, 20 bersenjata provos, 20 bertongkat dan ganda dan beberapa mengenakan pistol dan lainya. Jam 10.25 wpb nego pertama lakukan negosiator oleh Tuan, Mecky Yeimo dan Tuan, Agus Kossay, dengan namun tetap hadang. Jam 12.47 wpb dilakukan nego ke-2 di sampaikan nego namun tetap di hdang. Jam 14.17-14.32 wpb dilakuakn nego ke-3 selama 5 menit, nego tersebut di tanggapi langsung oleh kapolresta namun massa aksi dibatasi sampai putaran taxsi  p3 oleh aparat. Nego ke-3 lakukan oleh Agus Kossay, dan Warpo Wetipo dan tanggapi oleh aparat bernama; A. Korwa dan teman lainya.
Pada jam 14.32 wpb massa bergerak dari  tempat puritan Perumnas III putaran taxsi. Dengan kekuatan massa dari dua titik yang tergabun 800-an lebih massa yang koordinir oleh Tn, Agus Kossay, Warpo wetipo kawan mahasiswa. Pada jam 14.37 wpb massa tiba di putaran taksi Perumnas III waena dengan di iringgi music mambesak sambil yospan dari biak dan tari-tarian adat masing-masing suku.

Orasi politik oleh FIM sambut dengan yel, yel, Papua merdeka, referendum yes dll, nasip papua adalah ditangan kita orang Papua, dan upaya Negara tidak akan menyelesaikan masalah Papua juga menekankan kepada rakyat papua ULMWP merupakan wadah untuk menyelesaikan masalah kita orang Papua jangan sandar kepada yang lain-lain.

Orasi sambut lagi KNPB dilakukan jam 15.59 wpb menyampaikan bahwa dalam kamus KNPB yang ada adalah maju dan lawan. Perjuangan harini perjuangan intektuan, kontral tidak akan pernah memberi nang sedikitpun kepada bagsa yang jajahnya, ditulis oleh Tuan, Marten Luter King. Dengan menyampaikan dukungan kepada ULMWP menjadi anggota Full Member MSG, mendesak kepada Negara colonial bebaskan tahanan politik Papua yang ada di seluruh Papua; STEVEN ITLAY dan ALEXANDER NEKENEM, dan kami juga tolak Negara kronol juga kami kutuk kepada; Matius Murib, Marinus Yaung dan Fritb Ramandey. Segerah kirim wartawan asing di Papua dan pencari fakta juga tim pengawasan dari PBB ke papua. Lanjutkan orasi dari mahasiswa Uncen dilakukan memberi penolakan terhadap dukungan tim penanganan pelangaran HAM di Papua dan mendukun tim pencari fakta dari PIF. Lanjut lagi MPM Uncen jam 16.19 wpb sapaan denga Papua merdeka MPM juga tolak kedatangan Menkopolhukam di Papua, sampaikan juga mahasiwa wajib bicara Papua merdeka, dan Indonesia tidak akan membunu Ideology kami papua Merdeka. Orasi dilakukan oleh Petapa jam, 16.25 wpb, jel-jel dengan Papua Merdeka! Dia menamakan polisi federal Papua barat menyampaikan: 1). Mohon maaf atas mitra yang di keluarkan minggu lalu, 2). Kami juga menolak tegas tim yang buatan dari Jakarta dan, 3), kami siap terima tim dari PIF, 4). Kemerdekaan adalah harga diri maka orang Papua jangan main-main dengan perjuangan. lanjut orasi BEM STIKOM muhammadya Jayapura, sampaika dengan tegas polisi harus belajar banyak Undang-undang itu banyak supaya kamu tau aturang Negara ini. Selanjutnya massa arahakan menju ke abepura tetapi, negosiasi tidak sempat ke abepura. Korlap sampaikan pesan-pesan kepada massa aksi dan korlap arahkan massa aksi duduk kembali sepanjang badan Jalan. Waktu 17.51 WPB, Badan Pengurus Pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) bacakan pernyataan sikap sekaligus serahkan pernyatan sikap kepada Dewan Komite ULMWP dan saksikan oleh; Bapak, Filep S. Karma sebagai Bapa Bangsa Papua. Setelah itu sebelum pulan massa aksi pesan-pesan politik kepada massa aksi.

TITK KUMPUL MASSA ASKI DAMAI DI TERMINAL EXPO WAENA
TERMINAL EXPO; aksi nasional yang dimotori oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di seluruh tanah air dari sorong sampai Merauke, didukung oleh seluruh organ-organ pergerakan perjuangn Papua Merdeka, dan semua BEM dan SENAT Kampus yang ada di Papua, turun jalan dengan tuntutan ULMWP tetap masuk dalam MSG, tahanan politik yang ada dalam tahanan segera dibebaskan dan TIM Penanganan pelangaran HAM Papua buat Jakarta, dan beberapa LSM di papua untuk menyelesaikan pelanggaran HAM di Papua itu dibubarkan.
yang dilaksanakan pada hari selasa 15/06/16 pukul. 10:00 WPB. Maka masa aksi yang ada di expo dan sekitarnya yang dikoordinir oleh koordinator aksi Expo dan sektor Expo awalnya persiapan masa kumpul anjungan Jayawijaya dari Asrama Tolikara dan asrama Balim Yalimo kumpul di hendak keluar dari anjungan Jayawiaya dipalang di jalan Raya Abe- sentani jembatan expo dan asrama Intan Jaya, asrama Penggunungan Bintang kumpul di asrama Yalimo langsun dihadang oleh aparat keamanan kepolisian Resor Heram hendak hadang massa aksi di pangkalan mata jalan buper waena selama kurang lebih 1 jam ditempat. Selanjutnya masa dari arah buper ikut gabung di jambatan expo jumlah masa aksi 700-800-an orang, setelah itu hadang/dipalang oleh anggota keamanan dari polisi dan kesatuan Brimob Polda Papua sekitar 50 orang, TNI dari korem 10 personil, dan dari Intel, Kopasus BIN sekitar 30 orang yang, kendaraan yang mereka gunakan antaranya: 1 buah mobil gas air dituju ke bagian massa aksi, 3 buah truk mobil dalmas, 3 buah mobil strada polisi, 1 buah Bus polisi, 2 buah mobil Strada Patrol, 2 buah Mobil Pink Up Patrol, dan 5 buah motor polisi  selama 5 jam bertahan di jalan raya sentani di jambatan expo. Kemudian korlap dan semua masa aksi duduk di jalan tepat pada pukul. 03:00 wpb melakukan orasi-orasi dari setiap perwakilan pergerakan perjuangan papua merdekan yang ada Papua membacakan pernyataan Politik bangsa Papua oleh Badan Pangurus Pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan sampai jam. 04:00 masa aksi bubar masing-masing kerumahnya, dalam keadaan aman terkendali.

TITIK KUMPUL MASSA AKSI DEMO DAMAI DI ABEPURA
ABEPURA; Tepat jam 08.07 wpb massa aksi dari asrama nimin sekitar 102 orang turun ke lingkaran abepuran dikawal oleh 10 keamanan KNPB, sambil orasi-orasi oleh  korlap Laskar Sama, Dollya Umbruange, Anes kogeya, Dani Yohame. Mereka di hadang oleh aparat kepolisian dengan kekuatan 35 aparat kepolisian, 4 buah dalmas, 1 buah panser, Gas air mata 10 buah. Sekitar jam 10 32 wpb, Negosiasi dengan aparat kepolisian namun tidak ada tangapan dari aparat kepolisian. Sekitar jam 09 25 wpb massa aksi dari asrama liboran, USTJ di kordinir oleh korlap umum Basoka Logo menuju ke Abe lingkaran dikawal oleh 11 keamanan KNPB dengan jumlah massa sekitar 400-san lebih. penambahan aparat kepolisian dengan kekuatan 26 orang, 2 buah dalmas. Sekitar jam 11 20 wpb massa aksi dari Asrama Mimika dan sekitarnya dikordinir oleh Alius telah tibah di abepura dikawal oleh 11 orang keamanan KNPB. Sekitar jam 12 20  wpb, massa aksi dari perumenas 2 waena di kordinir oloh korlap Abeth Yeimo telah tibah di Abe lingkaran di kawal oleh 15 orang keamanan KNPB. Sekitar jam 03 15 wpb, telah mulai orasi-orasi politk dari berbagai komponen gerakan Perlawan perjuangan Papua didepan ribuan massa aksi lingkaran Abepura dan pukul 05 30 wpb telah selesai massa aksi pulang dengan aman. 

DOK V YAPIS JAYAPURA
KRONOLOGIS AKSI 15 JUNI 2016 DI TITIK KUMPUL MASSA KNPB WILAYAH NUMBAY; Jam 08:30-09:00 wpb: persiapan peralatan Pamflet, spanduk & bendera untuk aksi. Jam 09:00-09:30 wpb: persiapan untuk tutun aksi massa berkumpul di sekret Jl.Lembah Bahari. Jam 09:30-10:00 : massa melakukan foto bersama sebelum turun di titik kumpul massa di yapis. Jam 10:00-10:48 :massa long mars dari sekretariat menuju ke matajalan yapis. Jam.10:48-11:00 wpb: massa tiba di titik kumlp di yapis dan berorasi. Jam 11:17 wpb: massa dari knpb sektor Angkasa,knpb sektor dok 9, KNPB sektor mancan tutul (dok V atas) bergabung  dengan massa di titik kumpul yapis. Berjumblah 200 orang

Jam 11: 20-11:35 wpb: negosisasi dengan kapolsek jayapura utara (Bpk. A Ajomi) di lakukan oleh regina wenda,negosiasi meminta aparat kepolisian untuk membuka pemalangan  dan memberikan jalan kepada massa untuk longmars menuju DPRP, tetapi kapolsek mengatakan tidak akan memberikan ijin longmars karena belum ada perintah dari atasan.

Jam 11: 35-12:00 wpb: massa menduduki jalan raya yapis dan melakukan dansa/bergoyang waita, yospan. Jam 12:30-13:45 wpb:  orasi-orasi politik oleh:
Orasi poliTik masing  disampaikan oleh Korlap beberapa organisasi yang bergabung dalam aksi KNPB. Isi dari masing-masing orator menyampaikan bahwa pembunuhan OAP yang di lakukan oleh pihak keamanan republik indonesia membuat orang asli papua makin habis di atas tanahnya sendiri. Kami rakyat menolak tim penangan pelanggaran HAM buatan indonesia segera kirimkan tim pencari fakta dari PIF, menolak dialog jakarta papua dan segera gelar REFERENDUM
Jam 13:45-13:55 wpb: negosiasi yang kedua di lakukan oleh Regina wenda dan Jimmy boroway dengan kepala kapolsek jayapura utara  (A.Ajomi), untuk memberikan jalan/membuka brikade yang di lakukan oleh pihak polisi tetapi tetap tidak di jinkan, kapolsek mengatakan kalian lakukan kordinasi dengan korlap/teman-teman kalian yang ada di wilayah abe apakah mereka di berikan ijin untuk lewat,kan mereka juga di palang jadi saya tidak bisa memerintahkan anak buah saya untuk membuka brikade dan meng ijinkan kalian longmars ke kantor DPRP.
Jam 13:55: massa dari WPNA,NRFPB berjumblah 60 orang bergabung dengan massa KNPB yang berkumpul di yapis
Jam 14:00-14:20: orasi di lakukan oleh teman-teman dari WPNA (Philipus Robaha).dan teman-dari Parlemen jalanan (Beno) dan dari , Tidak ada ruang demokrasi, Menolak dengan tegas tim yang di bentuk oleh Luhut Panjaitan untuk penangan pelanggaran HAM di papua, Segera kirimkan timpencari fakta dari PIF, ULMWP adalah wadah kordinatif yang di bentuk, Hukum republik indonesia

Jam 14:20-14:45: orasi-orasi di lakukan bergantian dari KNPB,WPNA,NRFPB dan PARLEMEN JALANAN
Jam 14:45-15:00: negosiasi yang ketiga di lakukan oleh Regina wenda,Jimmy Boroway, Philipus Robaha dan teman dari WPNA dengan kapolsek (A.Ajomi) tetapi jawaban yang di berikan masi tetap sama tidak memberikan akses untuk massa melakukan longmars ke DPRP
Jam 15:00-15:25: massa melakukan waita/yospan di tempat aksi
Jam 15:25-16:00:=orasi orasi politik dilakukan secara bergantian-gantian dari WPNA,NRFPB dan KNPB

 Jam 16:00-16:16=korlap umum aksi KNPB Jimmy Boroway menyampaikan orasinya tentang penolakan tim yang di bentuk luhut,segera kirim tim dari PIF untuk pelanggaran HAM yang terjadi, dan menyampaikan bahwa aksi hari ini rakyat papua telah memenangkan aksi hari ini. Dan memesan agar jangan keluar malam karena kita akan merdekadan akan terjadi pembunuhan oleh kolonial kepada rakyat papua.

Jam 16:16-16:45:pembacaan stegmen politik oleh sekretaris KNPB Wilayah Numbay (Regina Wenda) dan di teruskan dengan penyerahan aspirasi/stegmen dari perwakilan organ gerakan: Gempa,senat beberapa kampus yang ada,dan stgmen di terima oleh perwakilan PNWP (di wakili oleh anggota Parlemen daerah wilayah Numbay BPK.Isak Wenda ), dan perwakilan dari WPNCL/NRFPB (Philipus Robaha). Setelah menerima stegmen  dari rakyat mereka menyampaikan akan di teruskan aspirasi tersebut.

Jam 16:45-16:48: doa penutup  di pimpin oleh (Bpk.Pdt.Andarias Wenda), Jam 16:48-17:00: massa membubarkan diri dan pulang ke rumah masing masing.
Kendaraan yang di gunakan oleh aparat kepolisian , 1 dalmas, 2 mobil patroli, 1 bis polisi, 5 mobil avansa, 12 tameng, 12 tongkat/pemukul karet, 6 senjata gas air mata

Jumblah polisi yang berjaga 50 yang ber pakian dinas/seragam polisi, 15 orang pakian preman dari beberapa kesatuan akatan/keaman yang ada, Total jumblah massa 850 orang, Keaman KNPB/militan berjumblah 8 orang.

Kronolog aksi 15 Juni 2016 KNPB WILAYAH NUMBAY (EPINCE MUNY)
PADA TANGGAL 10 JUNI 2016 31 AKTIVIS KNPB NUMBAY DITANGKAP POLISI SAAT BAGI SELEBARAN 

Knpbnews :
kepolisian dari Polresta Jayapura Kota telah menangkap 31 aktivis KNPB dan mengamankan puluhan aktivis tersebut di Mapolresta Jayapura saat sedang membagikan selebaran aksi yang akan digelar pada 15 Juni mendatang di secara nasional di seluruh tanah Papua.


 Jumlah Penangkapan 31 Aktivis KNPB Wilayah Numbay Ditangkap Polisi Saat Bsgi Selebaran di entrop dan di polimak .

Berikut daftar Nama-nama
No

Nama
J/K
Umur
Status
Ket
01
kalvin wenda
33 thn
Ketua umum KNPB NUMBAY
Bebas
02
Jimy Borowai
35thn
Ketua satu KNPB Numbay
Bebas
03
Regina  wenda
29 thn
Sekretaris Umum
Bebas
04
kesman wenda
28thn
Sek.
Bebas
05
anis kogoya
30 thn
Ketua militan
Bebas
06
saugas Goo
25thn
ket. Komisaruat diplomasi
Bebas
07
hosea yeimo
20thn
Komisariat diplop
Bebas
08
Ocha wetipo
24thn
Anggota:
Bebas
09
Simon boma
23thn
Anggota KNPB
Bebas
10
Arnos Bahabol
22thn
Anggota KNPB
Bebas
11
Wesko wenda
26thn
Anggota KNPB
Bebas
12
Oncel balingga
22thn
Anggota KNPB
Bebas
13
Yason Bahabol
22thn
Anggota KNPB
Bebas
14
Alex pigai
21thn
Anggota KNPB
Bebas
15
Abet yeimo
24thn
Anggota KNPB
Bebas
16
Samuel Madai
23thn
Anggota KNPB
Bebas
17
Novi Wenda
23thn
Anggota KNPB
Bebas
18
Opince Yeimo
20thn
Anggota KNPB
Bebas
19
Frengki Pigai
26thn
Anggota KNPB
Bebas
20
Dominikus Dimi
20thn
Anggota KNPB
Bebas
21
Semi Molama
25thn
Anggota KNPB
Bebas
22
Laskar Sama
26thn
Anggota KNPB
Bebas
23
Kobabe Wanimbo
27 thun
Komisariat dilomasih  KNPB Pusat
Bebas
24
Yan Degey
24thn
Anggota KNPB
Bebas
25
Pebian Fouw
22thn
Anggota KNPB
Bebas
26
Wadai kegiye
23thn
Anggota KNPB
Bebas
27
Prengki pigai
24thn
Anggota KNPB
Bebas
28
Walo wanimbo
23thn
Anggota KNPB
Bebas
29
Donny dogomo
26thn
Anggota KNPB
Bebas
30
Bernat Haeo
23thn
Anggota KNPB
Bebas
31
Icka Komba
27 thn
Anggota KNPB
Bebas
KNPB WILAYAH SENTANI
SENTANI JAYAPURA PAPUA: Swiping malam, pukul 03-07 WPB (malam) Jalan masuk BTN Powordadi depan Bengkel, Dengan alasan pemeriksaan alat-alat tajam dan motor yang tidak ada surat, Motor yang di ambil milik Panuel Sala wala Pekerjaan mahasiswa umur 24 tahun asal suku pegunungan bintang Barang yang di ambil motor suprafit Honda Ds 0923 (motor belum dekembalikan seketika bawa surat-surat) Penghadangan dilakukan dengan 2 buah kijang mobil patroli, 1 buah srada kaca gelap berwarna hitam, 1 buah mobil avansa putih silfer Jumlah anggota yang muat 10 orang, intelejen 4 orang (Satuan Polisi polres Jayapura di doyo)
Laporan aksi 15/06/2016, Pukul 5:45 (pagi)-6:40 (sore/malam)
TITIK 1. Sekretariat KNPB Wilayah Sentani Penangkapan aktifis KNPB dan Masa Aksi Rakyat papua Barat di Wilayah Sentani oleh aparat TNI/POLRI/DENSUS 88 Pada Aksi ‘’ Menolak Tim Pencari Fakta Buatan jakarta ke Papua (luhut dan Rombongan Ke papua)
TITIK 2. Pukul 05-58 wpb, Penghadangan/penangkapan (subu malam) Masuk ke kantor KNPB Sentani mengunakan 3 buah yunit kijang patroli, dua mobil dalmas, 1 buah avansa, 1 buah mobil TNI koramil hawai, aparat yang masuk TNI POLRI Densus 88, mengunakan senjata lenggkap, menagkap Ketua Umum KNPB Wilayah Allen A Halitopo dan 7 anggota KNPB ditanggkap lalu di bawa ke polres Jayapura doyo.
Penghadangan /Penangkapan di Titik 2 Pukul, 7-9
TITIK 3. Masa aksi dari jalan pasir kira kira 60 massa akis KNPB di komando oleh Naila Kosay, Membawa masa hingga di jalan raya sentani/jalan masuk airport, Aparat gabungan TNI POLRI/PROVOT polsek sentani dan Polres doyo. Menghadang dengan senjata lengkap, dan memalang 2 buah truk dalmas di badan jalan, dengan kekerasan merobek pakaiyan yang di pakai oleh Naila Kossay, di naikan ke dalam truk dalmas untuk di tanggkap ke polres doyo, saat masa yang lain masi ada di truk 1 anggota KNPB di kroyok oleh satuan densus 88 dari samping pangkas rambut, mengunakan Strada hitam berkaca gelap (dan kronologisnya di sampaikan terpisa)
Nama: Anton Hubusa
Umur: 23 Tahun
Anggota KNPB wilayah Sentani = di tanggkap ketika hendak mengambil gambar kekerasan aparat terhadap orator Naila Kossai, dilakukan oleh aparat 4 anggota densus 88 mengunakan strada kaca gelap langsung mengikat tangan, kaki dan mulut di ikat mengunakan kain milik densus 88, di mau naik di belakang namun diikat dan di dorong kedalam strada kursi tenga
Aksi densuss 88 terhadap anton
1 mencekik leher mengunakan tangan dan kaki aparat
2 mereka mengikat kencang tangan dan kaki saya lalu perut saya di tindis bagian dada pas di jantung hati, 4 anggota densus tersebut membawa Anton tidak ke polres namun di bawa ke jalan sepi (jalan genyem) dalam perjalanan anggota densus trus melakukan tindakn pemukulan terus di jalankan di dalam mobi, namun toni merontak meminta tolong namun kaca di tutup rapat hingga suara Anton tidak di dengar di sepanjang jalan, hingga di tempat sunyi mereka katakan “Anton kami akan kembali ke polres kami hanya mau buang sampa” kata mereka sehingga anton memberontak dan membuant diri di jalan dan ada satu orang yang melintas di jalan sedong menonton aksi Anton anggota densus, anton denga suara tidak berdaya berkata tolong mereka mau bunuh saya sehingga orang tersebut menegok anton dan anggota kembali cepat memutar mobil dan menaikan anton bagian belang hingga membuang  Anton di jalan masuk polres di mana teman temanya berada. “hingga saat ini anton masi dirawat di sekretariat KNPB wiayah sentani (fideo kesaksian serta luka- ikatan tali besi dan pukulan di badan terlampir.’’kesaksian anton tertulis’’.

TITIK 3. Di Mata Jalan pos 7 Penangkapan (jalan raya sentani) pada pukul, 08.08 wpb (pagi) Masa aksi yang di pimpin oleh Komando Agus Wisawi dan Ketua Bem FISIP Uncen Yali Wenda dan Kobabe Wanimbo, kira - kira 200-an lebih masa aksi.

Penghadangan mengunakan 2 buah mobil patroli 6 buah avansa putih silver 1 buah mobil provost, 2 buah ton dalmas 1 buah mobil tahanan 1 buah strada Kaca Gelap buah 1 strada milik TNI koramil hawai , mengunakan senjata lengkap oleh Polisi, dengan jumlah anggota 100 aparat TNI dan Polri penangkapan di depan mata publik, di seret, di tendang, di ancam, di hina dengan katta kata hinaan kepada masa aksi seperti (babi kalian, bodok jangan buat negara di atas negara dan menembaak tembakan peringatan oleh aparat  polisi preman dengan mengunakan motor mio bit DS 5722 AW ketika masa bersi keras untuk Tujuan aksi harus ke DPRP namun Dengan paksa di tanggap ke polres doyo. Dengan 8 kali penangkapan secara kontinyu masa aksi di drop ke polres doyo 

TITIK 4. Di Sosial jalan tabita masa aksi berkebung dengan masa aksi yang di pos 7 namun di hadang dengan mobil patroli 4 buah dalmas 6 buah avansa polisi preman, polisi Provost TNI POLRI mengunakan senjata lengkap, menangkap secara paksa bahkan mahasiswa yang hendak pergi ke kampus dan mama mama papua yang jual sayur pun ikut di tangkap dan di bawa ke polres
TITIK 5. Di komando oleh Jimi Wenda Dan Demianus Murib dengan masa aksi 200 massa aksi di kampung harapan, Pukul 10 - 59 wpb (siang). Masa aksi di anggkut  oleh aparat TNI dan POLISI Polsek Sentani Timur 1 buah Truk dalmas dan 1 buah strada patroli, dan mengamankan masa di polres doyo, namun masa akasi ratusan lainya mengikuti kawan-kawan mereka Long Mars sepannjang jalan raya mengejar dalmas dan ikut bergabung di polres Jayapura doyo sambil melambaikan Bendera KNPB dan menyuarakan “Papua Merdeka” Referendum Yes”.

Pada tanggal 13 juni 2016, Pada pukul 10.00 WPB,  Aparat kepolisian dari polres Kabupaten jayapura melakukan penagkapan terhadap 65 Aktivis KNPB di Sentani . Aparat Kepolisian dan provost Indonesia dari Polres Doyo, Sentani mengunakan 5 mobil patroli, 3 mobil Kijang Avansa, 1 mobil Kijang patroli POM, 2 Dalmas dengan peralatan senjata lengkap membubarkan serta menangkap paksa aktivis KNPB   dan mahasiswa saat Bagi Selebaran .  Aparat mengunakan senjata serta mengangkat senjata dan mendorong wakil ketua bem serta ketua umum KNPB di seret di aspal dan naikan ke mobil Dalmas,”.
 Kata wakapolres Doyo, Sentani melakukan tindakkan brutal, itu mangatakan bahwa  “babi  anjing, kamu tidak akan merdeka,   kamu tidak punya hak untuk bicara bahkan selebaran yang kamu bagi itu menghasut rakyat, kata Wakapolres Doyo. 

Ketua umum  KNPB Alen Halitopo meminta alasan namun aparat terus brutal dengan menampar  kepada sejumlah  anggota KNPB satu yang kena tampar adalah  Edo Bahabol dan Naila Kossay, akibat penyiksaan tersebut ada  Benturan di kepala , setelah ditangkap aparat menggunakan tali rotan memukul aktivis .

setela ditanggkap  menuju polres kemudian tepat di mata jalan  rumah sakit Yowari, Doyo, ketua umum KNPB Allen Halitopo sekali lagi meminta  alasan dasar hukum mengapa mereka ditangkap namun , Wakapolres mengancam Ketua KNPB “Allen Halitopo, bahwa, Allen  kalau kamu bersikeras dan macam-macam kami akan penjarakan kamu ‘ kata wakapolres dan aparat pom lainya.
Setelah itu mereka ditahan di polres Doyo. 

DAFTAR NAMA –NAMA YANG DITANGKAP 15 JUNI 2016 DI SENTANI  BERJUAMLAH 1 OO4 ORANG 

Nama-nama yang dapat tangkap saat pembagian selebaran dalam rangka Aksi Demo Damai pada tanggal 13 Juni 2016
No
N a m a
Jenis Kelamin
U m u r
S t a t u s
YALI  WENDA
23 thn
Mahasiswa
KARTUN  LOKOBAL
03
KALEP  SIRINGON
L
27
Aktivis KNPB
04
MENUS  ERELAK
L
19
Pelajar
05
YETIUS WENDA
L
33
Swasta
06
OBET SOBOLIM
L
16
Pelajar
07
DIUS TEPMUL
L
45
Anggota knpb
08
MELLY TEPMUL
L
22
Aktifis KNPB
09
LIWANG UROPMABIN
L
18
Pelajar
10
DETINUS ENUMBI
L
22
Pelajar
11
SHEATIEL SUHUNIAP
L
28
Aktivis KNPB
12
VITUS NELAUD
L
25
Mahasiswa
13
TALINAP YALI
P
29
Mahasiswa
14
WENE ABUA
L
30
Aktivis KNPB
15
MEKI TABUNI
L
39
Aktivis KNPB
16
ELINATAN BASINI
L
51
Nelayan
17
MAMBALEK YEKE
L
27
Aktivis KNPB
18
ISOK LANI
L
14
Pelajar
19
MERINA WALILO
P
24
Aktivis KNPB
20
RISAL SIMBU
33
Aktivis KNPB
21
NITO BAHABOL
L
45
Aktivis KNPB
22
FREDI WALIANGGEN
L
13
Pelajar
23
LIPEN TAPLO
L
16
Palajar
24
HERSON SILAK
L
15
Pelajar
25
ODI BALINGGA
L
34
Aktivis KNPB
26
KENIS NABYAL
L
25
Aktivis KNPB
27
ARIUS TEPMUL
L
44
Aktivis KNPB
28
NORIS UROPMAIN
L
12
Pelaajar
29
DERINA KOSAY
P
56
Petani
30
TIMI UROPMABIN
13
Palajar
31
EMI FRANSISKA TEPMUL
P
17
Aktivis KNPB
32
KINE KOMBA
P
36
Aktivis KNPB
33
BENOIT MIRIN
L
34
Mantri/perawat
34
ASTON KONA
L
37
Swasta
35
HABEL PUSOP
L
19
Pelajar
36
LENIUS TAPLO
L
15
Pelajar
37
PENI HISAGE
P
37
Ibu Rumah Tangga
38
ISAI WILIL
L
43
Simpatisan
39
GETSEMANI ASSO
L
20
Pelajar
40
JAGAR YAHULI
L
21
Aktivis KNPB
41
RAS ALINGGA
L
31
Palajar
42
OMI BALINGGA
P
55
Ibu rumah tangga
43
BENIYONI TEPMUL
L
34
Tokoh pemuda
44
DINUS TEPMUL
L
14
pelajar
45
MANIAS SIEP
L
13
Pelajar
46
YETINA LOHO
P
12
Palajar
47
ELISON LOGO
L
11
pelajar
48
ENIS YIKWA
L
23
Aktivis KNPB
49
ALEX HISAGE
L
15
Aktivis KNPB
50
PENIUS WISAL
L
44
Aktivis KNPB
51
YANTENUS YIKWA
L
24
Aktivis KNPB
52
ORAI BAHABOL
L
31
Aktivis KNPB
53
SIMONMURIP
L
21
Anggota KNPB
54
FINCEN DOGOPYA
P
31
Simpatisan KNPB
55
TENI TENGKET SOI
L
50
Petani
56
YOSEP ULUNGGI
L
45
Petani
57
ISRAEL WENDA
L
40
Mahasiswa
58
PITU MARIAN
L
22
Mahasiswa
59
OSEH PAHABOL
L
16
Pelajar
60
MELKI  HALITOPO
L
18
Mahasiswa
61
EKA BEMBOK
L
31
Mahasiswa
62
ODI Soma
L
34
Aktivis KNPB
63
KENIS  kobak
L
25
Aktivis KNPB
64
ARIUS TEPMUL
L
44
Aktivis KNPB
65
NORIS Ulunggi
L
12
Pelaajar

Kornologis KNPB Nabire
KNPBneus,Nabire:-massa aksi yang di mediasi KNPB bersama rakyat papua di bubarkan paksa oleh gabungan militer TNI/porli di pasar karang sekitar jam 08; 44. Beberapa massa rakyat papua di intimidasi oleh gabungan militer. Jalan di pasar karang di tutup oleh satuan militer dan militer memporopaksi rakyay, juga gabungan militer melarang rakyat di sekitarnya untuk tidak mengikuti aksi damai KNPB wilaya nabire.
Sedangkan di depan kampus Uswim militer gabungan menguasai tempat hingga hingga membuat mahasiswa resah. Militer mulai jaga2 dari jam 06;00 hingga sekarang ini. Setiap jln masih di kuasai oleh gabungan militer dengan lengkap.
Gabungan militer juga memalang jaln perempatan wadio. Di perempatan ini militer mulai jaga dari jam 60;00 dan memantau rakyat papua di nabire. Rakyat papua yg rambut lingkat, pegang gelang bendera bintang kejora, noken bintang kejora, dikejar oleh militer namun tidak berhasil menangkp.
Sekitar jam 09:43 rumah milik rakyat papua, tempat yg di gunakan KNPB di kepuang oleh gabungan militer. Mereka Militer menggunakan 2 trak, 6 mobil kaca glap dan belasan motor mengepung dan menggerebek rumah yang sering di huni oleh anggota KNPB. Dan juga Rumah Ketua KNPB Anton gibai di grebek oleh gabungan militer kolonial indonesia. Mereka di tunjuk dan di gerakan oleh dua pemuda yg juga orang asli papua. Menurut info dari beberapa kawan2. Ada sekitar 10-an orang di tahan dan di pukul oleh satuan militer indonesia di pasar karang.
Situasi nabire berada dalan darurat militer saat ini, rakyat papua berada dalam tekanang militer indonesia.
Sekian info untuk sementar. Lengkapnya di tunggu.
Aktivis KNPB Ditahan Di Polres Nabire, Ketika Mengantarkan Surat Pemberitahuan Aksi  Nabire--  Aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Nabire ditahan di polres Nabire ketika mengatarkan surat pemberitahun aksi demo damai yang akan di gelar pada hari rabu tanggal 15 Juni 2016 mendatang.(13 Juni2016)  Anggota KNPB yang di tahan adalah 1. Ketua KNPB Nabire Anton Gobai 2. Sekertaris KNPB Nabire Yakop Ugiba 3. Ketua PRD nabire Akulian Mote 4. Anggota KNPB nabire Melkizedik Yeimo  Mereka di tahan tampa alasan yang jelas' Sejak pagi Jam 10-20 mereka ditahan masuk dalam sel porles Nabire dan hingga saat ini masih belum pulang,' Kata Che Goo .'Tunggu kami di bawah di porles dan teralih besih yang juga rumah kita ituKami akan datang perkelompok,'' Tanggal 15 juni 2016 kami akan turun dengan kekuatan rakyat bangsa papua barat yang ada di nabire. Lebarkan penjara, kami KNPB akan buat sekret dalam penjara.
Maka kami himbau kepada Kaporles Nabire untuk kosongkan penajara porles nabire. Kami Rakyat Papua Bersama Komite Nasional Papua Barat KNPB akan turun dengan kekuatan kami, yang kami akan huni porles nabire. Tegas Goo 
KNPB Paniai
Knpbnews Paniai: rakyat bangsa papua barat wilayah paniai malakukan ibadah singkat dan khotbah singkat dipimpin oleh ev: yusak yeimo dgn thema: PERLENGKAPAN SENJATA ALLAH 
Teks (efesus 6:11-12) bahwa kita harus melengkapi senjata Firman Allah untuk melawan kuasa iblis Indonesia yang sedang melawan pada saat ini.
Kegiatan ibadah singkat dapat dilakukan dari sebuah puncak gunung yaitu , Katuwaugida, TAKUGI BINTANG. Dan kami membentang labang negara west papua dan bendera KNPB sebagai simbol kebanggaan bagi bangsa papua.

Dilengkapi degan foto dukungan dan penolakan :
1. Rakyat papua menolak dengan tegas tim penanganan pelanggaran HAM dipapua buatan Jakarta.
2. Rakyat papua mendukung penuh dan mendesak hasil deklarasi (IPWP).
3. Rakyat papua tolak dgn tegas dialog Jakarta-Papua dan menuntut Referendum bagi West Papua.
4. Rakyat papua mendukung (ULMWP) menjadi anggota full member di MSG
KNPB DAN PRD MERAUKE
Pers Relase Ketua PRD Wilayah Merauke
Syukur Bagi-Mu Tuhan Kau Brikan Aku Rajin Juga. Dalam rangka kegiatan nasional diseluruh tanah Papua yang dimediasi oleh Komite Nasional Papua Barat (KNPB) hari Rabu, 15 Juni 2016. Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Ha-Anim juga melaksanakan kegiatan di Kantor PRD Wilayah Merauke dan Sekretariat KNPB Wilayah Ha-Anim Jalan Bupul no. 01 Kel. Kelapa V.

Kegiatan dalam bentuk doa bersama dilakukan dengan penuh tekanan, intimidasi dan teror yang dilakukan oleh aparat TNI/Polri dan Kopasus namun KNPB Wilayah Ha-Anim dan PRD Wilayah Merauke melaksanakan kegiatan berjalan dengan baik sampai selesai. Kegiatan mulai jam 08:30 WPB selesai jam 09:10 WPB dengan kata-kata tekanan dari Kapolsek Kota Merauke bahwa jangan lewat jam 09:00 karena nanti dibubarkan namun kegiatan dilakukan sesuai dengan susunan acara yang disiapkan.

Pembukaan dilanjutkan dengan doa dan juga ada sambutan-sambutan dari ketua Umum KNPB Wilayah Ha-Anim Tuan. Gento E. Dop dan Ketua PRD Wilayah Merauke Panggrasia Yeem. Dalam sambutan ketua PRD Wilayah Merauke bahwa saya parlemen dengan tegas menolak Team penanganan pelanggaran HAM di Papua buatan Jakarta. Juga menolak dialog Jakarta-Papua dan mendukung deklerasi West Minster Londo-Inggris 03 Mey 2016 dan mendesak segerah pelaksanaan Referendum bagi West Papua.

Wilayah kami West Papua besar dan luas yang penuh dengan kekayaan alam melimpah tetapi manusia sudah dan sedang menujuh kepunahan maka saya sebagai lembaga politik bangsa Papua meminta dan mendesak kepada internasional khususnya negara-negara yang telibat dalam kesalahan yang dilakukan sehingga kami orang Papua menujuh kepunahan, maka Indonesia, Belanda, Amerika dan PBB segerah bertanggung jawab meyelesaikan masala Papua Barat.

PBB juga melaksanakan kesalahan saat Act Of Free Choise 1969 maka sekarang PBB segerah menggelar Referendum di PapuaBarat.

Sekian dan terima kasih. Merauke, 15 Juni 2016
Ketua PRD Wilayah Merauke Ny. Panggrasian Yeem.

NO
NAMA
UMUR
J/K
STAUS
KET
01.
YEKI KOGOYA
27 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
02
WENGGI TELENGGEN
25 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
03
SOLE WENDA
29 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
04
PAUT MURIB
15 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
05
TIBAN TELENGGEN
24 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
06
TOPIUS TELENGGEN
27 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
07
TURIUS KOGOYA
26 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
08
SILINA MURIB.
21 THN
P
PELAJAR
BEBAS
09
TEPINA KOGOYA
19 THN
P
PELAJAR
BEBAS
10
OTIANA TELENGGEN
18 THN
P
PELAJAR
BEBAS
11
OPINA TELENGGEN
18 THN
P
PELAJAR
BEBAS
12
ATIANA TELENGGEN
20 THN
P
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
13
MARINA TELENGGEN
23 THN
P
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
14
DANI TELENGGEN
29 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
15
PERIUS TELENGGEN
28 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
16
DIPA WENDA
26 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
17
GIBAN MURIB
27 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
18
SOEL WENDA
16 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
19
JOPI MURIP
30 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
20
DIPEN WENDA
17 THN
P
ANGGOTA KNPB
BEBAS
21
YAPET KOGOYA
35 THN.
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
22
YOEL MURIP
32 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
23
MILKA TELENGGEN
14 THN
L
PELAJAR
BEBAS
24
MARIUT WENDA
35 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
25
GAI MURIP
31 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
26
TOLINA TELENGGEN
19 THN
P
PELAJAR
BEBAS
27
WAINGGEN KOGOYA
15 THN
L
PELAJAR
BEBAS
28
PITER TABUNI
34 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
39
PATIUS MURIP
26 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
30
JADINUT TABUNI
27 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
31
SILPA WENDA
18 THN
P
PELAJAR
BEBAS
32
DIAN KOGOYA
15 THN
P
PELAJAR
BEBAS
33
ABENUS TABUNI
19 THN
L
PELAJAR
BEBAS
34
TEMINA MURIP
16 THN
P
PELAJAR
BEBAS
35
MANU TABUNI
19 TH
L
PELAJAR
BEBAS
38
 TEPIUT MURIP
12 THN.
L
PELAJAR
BEBAS
39
DOPI TABUNI
15 THN.
L
PELAJAR
BEBAS
40
DEMINA KOGOYA
27 THN
P
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
41
DERIANA MURIP
22 THN
P
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
42
HABEL ELOKPERE
16 THN
L
PELAJAR
BEBAS
43
TINA WENDA
21 THN
P
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
44
AGINA KALOLIK
26 THN
P
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
45
KIMAN HILAPOK
23 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
46
PERINA HILAPOK
15 THN
P
PELAJAR
BEBAS
47
SELY MATUAN
18 THN
P
PELAJAR
BEBAS
48
PELINA TELENGGEN
27 THN
P
ANGGOTA KNPB
BEBAS
49
AMISA MATUAN
26 THN
P
ANGGOTA KNPB
BEBAS
50
MERRY TABUNI
19 THN
P
PELAJAR
BEBAS
52
WERIANA BUGI
28 THN
P
ANGGOTA KNPB
BEBAS
52
YUSMAN HILAPOK
25 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
53
UMAN MURIP
29 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
54
ENOK MATUAN
28 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
55
ABEN KOGOYA
16 THN
L
PELAJAR
BEBAS
56
ASIANA TELENGGEN
12 THN
P
PELAJAR
BEBAS
57
TOTI WENDA
23 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
58
PEMUN TABUNI
32 TH
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
59
SUDIN MURIP
34 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
60
SAUL KOGOYA
29 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
61
GARIT KOGOYA
18 THN
L
PELAJAR
BEBAS
62
TINUS TABUNI
15 THN
L
PELAJAR
BEBAS
63
JEMINA WENDA
18 THN
P
PELAJAR
BEBAS
64
WEMINA TELENGGEN
16 THN
P
PELAJAR
BEBAS
65
WAYU KOGOYA
17 THN
L
PELAJAR
BEBAS
66
BOY MURIP
21 THN
L
AGGOTA KNPB
BEBAS
67
DONI TABUNI
26 THN
L
AGGOTA KNPB
BEBAS
68
TOMAS TABUNI
30 THN
L
AGGOTA KNPB
BEBAS
69
LANA TELENGGEN
15 THN
P
PELAJAR
BEBAS
70
JOKINA WENDA
14 THN
P
PELAJAR
BEBAS
71
WALINA KOGOYA
21 THN
P
AGGOTA KNPB
BEBAS
72
ZET WEYA
17 THN
L
PELAJAR
BEBAS
73
UTLAN HILAPOK
16 THN 
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
74
WETIANUS WENDA
29 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
75
OLANA TABUNI
19 THN
P
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
76
SIMON WEYA
17 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
77
FERDY MURIB
13 THN
L
PELAJAR
BEBAS
78
PENUS TABUNI
16 THN
L
PELAJAR
BEBAS
79
ALIN MURI
26 THN
P
ANGGOTA KNPB
BEBAS
80
GEMIN ELOKPERE
29 THN
L
AGGOTA KNPB
BEBAS
81
YEM KALOLIK
16 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
82
WONI HILAPOK
18 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
83
MINA TABUNI
16 THN
P
ANGGOTA KNPB
BEBAS
84
WENDI MURIP
19 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
85
MULY HILAPOK
21 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
86
OTTO MATUAN
26 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
87
OLPIS WEYA
19 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
88
MELIT HELUKA
29 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
89
MINA HUBI
26 THN
P
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
90
YEKE HILAPOK
23 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
91
ULIAN HUBY
27 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
92
WEMIN HALUK
19 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
93
PENIUT WENDA
29 THN
L
ANGGOTA KNPB
BEBAS
94
YOS TELENGGEN
36 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
95
BOMA HUBY
29 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
96
JOMINA WEYA
35 THN
P
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
97
STEVEN WENDA
29 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
98
YULAN MURIP
28 THN
L
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
99
0MIN HUBY
29 THN
P-
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
100
SILANA HELOKPERE
23 THN
P
SIMPATISAN KNPB
BEBAS
KNPB WILAYAH FAKFAK
Pakpak KNPB news ibadah dukungan ULMWP masuk sebagai Anggota full di forum MSG di mediasi oleh KNPB daerah pakpak dalam ibadah dukungan ini di pimpin langsun oleh wakil ketua PRD daerah pakpak Bpk Hj.IDRUS PATIRAN dan selanjut nya penjelasan tentang suhu politik yang sedang terjadi di negara"pasifik dan di Eropa bahkan kondisi lokal oleh Ketua KNPB dan SEKJEN KNPB daerah pakpak kegiatan dukungan di laksakan pada jam 10 wpb hingga usai pada jam 12.00. Wpb
KNPB YAHUKIMO
Komite nasional Papua barat KNPB wilayah Yahukimo telah melaksanakan aksi demo tolak tim pelanggaran HAM buatan jakarta dan meminta tim pencarai fakta dari pasifik Island Forum (PIF)
Aksi demo wilayah Yahukimo bukan hanya dilakukan di ibukaota Kabupaten yahukimo dekai namun di beberapa distrik yang merupakan KNPB sektor.
KNPB WIlayah Yahukimo,Sektor Sella Valley Mendukung ULMWP menjadi anggota Penuh MSG dan Menolak kedatangan Menko polhukam Ke Papua.
kami minta kepada negara-negara Melanesia untuk mendukung ULMWP dan keluarkan keanggotaan Asosiasi Melindo dari MSG.

Merka juga semua elemen sepakat untuk memisahkan diri dari Indonesia dan maka Kami rakyat Papua di daerah Pegunungan berjuang full untuk merdeka dan kami Sepakat untuk satu komando Perjuangan Papua Merdeka..

baru kemarin saja melakukan pengibaran BK sekaligus mengampanyekan isu politik di kalangan masyarakat akar rumbut. BP KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (KNPB) YAHUKIMO bersama BP. KNPB sektor SUKU KIMYAL turun lapangan memberikan pemahaman politik kepada masyarakat suku KIMYAL. masyarakat toko Gereja, toko pemuda, kaum ibu dan kepala suku setempat disambut dengan meriah. ibadah bersama masyarakat di lapangan terpang , isu papua merdeka sudah mendunia. kalau rakyat awam sudah nyatakan sikap begini tidak ada kata lain selain lawan, lawan dan lawan.

kalau pedalaman sudah menyatakan sikap begini bagaimana dengan mahasiswa, pemuda yang sedang mengikuti pergembangan politik ini, " jangan tanyakan kepada rakyat apa yang rakyat buat untuk papua, tetapi tanyakan pada dirimu bahwa apa yang anda buat untuk papua" mahasiswa merupakan tulang punggung bangsa dan masyarakat tapi apakah terwujud anda sebagai status mahasiswa ini. ketika rakyatmu dibunuh depan kamu, apakah kamu diam atau bicara. ketika rakyatmu menyiksa di depan kamu , kamu rasa sakit atau tidak. untuk itu mari kita bersatu dan Lawan sistem yang tidak memihak kepada rakyat sipil kita...

"salam revolusi" edisi, megom 13-14/ 06/2016


KNPB WILAYAH TIMIKA
Knpb Timika News____Pada hari ini Rabu, Rabu 15 Juni 2016 Komite Nasional Papua Barat [KNPB] sebagai Media Bangsa Nasional dan Parlemen Rakyat Daerah Mimika [PRDM] sebagai Lembaga Penanggung Jawab Politik Bangsa Papua di Timika bersam Ribuan Rakyat Papua yang ada di kota timika ikut menggelar kegiatan aksi damai terkait dengan Penolakan Tim Pencari Fakta Buatan Jakarta.

Awalnya Knpb bersama Rakyat Papua dari Kantor OPM [KNPB-PRD] Mimika menuju ke Kantor DPRD Mimika sesuai dengan Rute yang di masukan dalam surat pemberitahuan kepada Kepolisian namun Aparat kepolisian terus menutupi ruang Demokrasi, Aparat telah berhasil memblokade masa aksi dari tiga titik. Yang pertama dari arah Timur Pelabuhan lari sampe di Sempan Nawaripi dan sekitar jayanti. Yang kedua  masa yang di sekitar dalam kota di hadang semua di Bundaran Timika Indah depan Gedung Emeneme Yauware. Yang ketiga dari Arah SP 6 sampe SP 2 di hadang di Kantor DPRD Kabupaten Mimika.

Setelah Aparat kepolisian menghadang Rakyat Papua di setiap titik itu dengan waktu yang sama yaitu sekitar jam 09.00 Wpb, setelah itu semua masa di arahkan semua ke Bundaran Timika indah dengan alas an yang di sampaikan oleh Aparat Kepolisian bahwa di kantor DPR itu tidak ada Anggota DPR yang akan menerima kalian dananggota DPR semua sudah pergi ke Jayapura Kata Kapolsek Kuala Kencana Kepada Koordinator Lapangan Saudara Soon Tabunny. Ini tempatnya Kantor DPR dibangun untnuk apa dan untuk siapa ?padahal Anggota DPR ada dalam Kantor lalu Polisi menipu kami rakyat Papua. Padahal DPR baru Kordinasi bahwa kalu aksi di secretariat KNPB saja boleh tapi kalau di Kantor DPR Aparat Kepolisian Melarang.

Akhirnya Kordinator Umum Saudara Yanto Awerkyon sama Sem Ukago memimpin masa dan terus berorasi di bundaran timika Indah akibat dari penghadang Oleh TNI/POLRI. Maka Masa yang ada di kantor DPR sekitar 500san itu di arahkan semua ke Bundaran Timika Indah.

Sekitar  1500an masa kasi di hadang di Bundaran Timika Indah Depan Kantor Emeneme Yauware dari jam 10.00 pagi – Jam 04.00 sore Wpb kegiatan tersebut di awali dengan DOA pembukaan yang di Pimpin Oleh Bpk, Pdt. Benny Kayame dan Ibadah atau renungan singkat yang di sampaikan Oleh Bpk, Pdt. Daniel Bagau setelah itu Orasi Politik Oleh saudara Yoner Yahudi Uaga dalam Orasinya di sampaikan bahwa Orang Papua tidak melawan Orang jawa,sumatera,Kalimantan,Sulawesi dan Maluku tetapi rakyat Papua dan KNPB sedang melawan Sistimnya Kolonialisme Indonesia ini.

Sambung saudara Sem Ukago juga menyampaikan dalam orasinya bahwa Aktor Pembunuh Orang Papua secara sistematis pemerintah Indonesia melalui TNI/Polri yang terjadi sejak tahun 1961-2016 ini harus diselesaikan Oleh PBB bukan dengan Luhut Pandjahitan. Karena Indonesia adalah Aktor maka masalah Papua tidak akan di selesaikan tanpa melibatka PBB. Setelah itu pembacaan pernyataan sikap politik Oleh Ketua Parlemen Rakyat Daerah Mimika Bpk. Abihut Degey
KNPB Manokwari
Brikan kami rajin juga untuk sampaikan maksudMu Tuhan di atas tanah surga kecil yang jatuh di bumi cendrawasi ini.

Untuk merebut kedaulatan itu tidak segampang seperti kata* yg kita ucapkan, tetapi butuh pengorbanan dan harga yang harus dibayar maka Kami rakyat papua sadar dan paham benar akan kebebasan, sehigga kami datang dan duduk sama rata n berdiri sama tinggi dibawah terik panas matahari.

pada hari ini rakyat wets papua wilayah mnukwar yang di mediasi oleh KOMITE NASIONAL PAPUA BARAT (KNPB) N PRD MNUKWAR mengelar aksi demo damai / ibadah. Dan kami menuntut bahwa:
1. Menolak dengan tegas tim pencari fakta pelanggaran buatan nkri melalui menkopulkan.
2. Mendesak tim pencari fakta dari (PIF) agar segera kirim ke wets papua.
3. Mendesak kepada PBB untuk mengamankan suara Rakyat Wets Papua melalui Referendum.
4. Kami rakyat Papua Mendukung penuh ULMWP di terima sebagai full member in MSG
5. Mendesak agar dunia internasional untuk intervensi di atas teritori wets papua.
Mnukwar 15 juni 2016


KNPB Fakfak
KNPB PAK PAK wilyah kokas menolak Tim inventigasi buatan indonesia( Menkopolhukam) dan lain lainnya Kami hanya mendukung Tim pencari fakta dr tetangga kami serumpun ras Melanesia( MSG dan PIF

Pakpak KNPB news ibadah dukungan ULMWP masuk sebagai Anggota full di forum MSG di mediasi oleh KNPB daerah pakpak dalam ibadah dukungan ini di pimpin langsun oleh wakil ketua PRD daerah pakpak Bpk Hj.IDRUS PATIRAN dan selanjut nya penjelasan tentang suhu politik yang sedang terjadi di negara"pasifik dan di Eropa bahkan kondisi lokal oleh Ketua KNPB dan SEKJEN KNPB daerah pakpak kegiatan dukungan di laksakan pada jam 10 wpb hingga usai pada jam 12.00. Wpb 

KNPB WILAYAH NDUGAMA
Komite nasional papua barat KNPB wilayah ndugama juga telah melakukan aksi penolakan terhadap tim penyelesaian pelanggaran HAM di Papua bentukan Luhut Panjaitan. KNPB ndugama juga menyatakan dukungugan terhadap ULMWP menjadi anggota penuh dan mendesak tim Pencari Fakta dari pasifik Island Forum segera ke Papua Barat.

KNPB WILAYAH YALIMO
Komite Nasional Papua Barat KNPB wilayah yalimo melakukan aksi penolakan terhadap TIM bentukan jakarta tentang pelanggaran Ham di Papua Barat
KNPB Yalimo juga mendesak Tim pemantau PBB segera ke Papua untuk mengamankan suara Referendum dan tim pencari fakta dari Pasifik Island Porum PIF sesuai dengan hasil keputuan KTT PIF di PNG pada tahun 2015 lalu.

KNPB WILAYAH BIAK

Komite Nasional Papua Barat KNPB wilayah biak telah mengadakan aksi penolakan terhadap tim bentukan jakrta untuk menyelesaikan pelanggaran HAM di Papua .
KNPB wilayah biak dengan tegas menolak tim bentukan jakarta hanya upaya menghambat diplomasi ULMWP di luar negeri dan mencuci nama baik indonesia di muka masyarakat Internasional. KNPB wilayah  biak juga menyatakan dukungan terhadap ULMWP menjadi anggota full MSG dan menolak melindo

KNPB WILAYAH SORONG RAJA
Komite Nasional Papua Barat Wilayah Sorong telah melakukan Ibadah di sekertariat KNPB, Ibadah ini dilakukan untuk mendukung ULMWP menjadi anggota penuh MSG.
Dalam Ibadah tersebut KNPB sorong menyatakan menolak Tim bentukan jakarta untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM di Papua dan mendukung tim pencari fakta dari pasifik Island Forum PIF untuk segera datang ke Papua barat.

Demikian Laporan aksi demo damai pada tanggal 15 juni 2016 ini kami singkat ini kami buat sebagai bentuk pertanggungjawban kami KNPB sebagai media rakyat. Laporan ini kurang lengkap dan tidak sempurna karena keshatan kami sedikit terggagggu namun inti dari laporan ini adalah semua data penagkapan kami rampungkan di  dalam tabel diatas.

Kami juga tak lupa menjampaikan permohonan maaf karena kami lambat memuat laporan tentang penagkapan dalam aksi demo taanggal 15 lalu maupun sebelumnya. Atas perhatian kerja sama yang baik tak lupa kami haturkan berlimpah terimak kasih.

Hormat Kami

 Ones  N. Suhuniap

Sekertaris Umum KNPB pusat

 

Sumber: Nestasuhuniapfree

Related : Ini Laporan Resmi KNPB, 1204 Orang DiTangkap Polisi indonesia