Header Ads

Aksi 2 Mei, 178 Aktivis KNPB Di Kota Jayapura Diamankan Polisi


Jayapura, Jubi – Sebanyak 178 lebih aktivis Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Parlemen Rakyat Daerah (PRD) dan mahasiswa dibawa ke Kepolisian Resort Kota (Polresta) Jayapura.

Ditangkapnya para aktivis tersebut di depan gapura kampus Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, Senin (02/05/20160) lantaran menggelar aksi dukungan kampanye referendum dan dukungan untuk pertemuan Internasional Parliamentarian for West Papua (IPWP) di London, 3 Mei 2016 dan aksi dukungan oleh masyarakat dan pemerintah Vanuatu yang mendukung ULMWP masuk sebagai anggota MSG.

“100-an lebih aktvis KNPB ditangkap sekarang dibawa ke Polresta. Aparat Kepolisian dari Polresta Jayapura Kota dan dari Polda Papua kembali menangkap sejumlah aktivis KNPB pada pukul 09.00 WPB di depan gapura Uncen Perumnas III Waena,” kata Sekretaris Umum KNPB Pusat, Ones Suhuniap kepada Jubi di Jayapura.

Ones mengatakan, sejumlah aktivis KNPB tersebut dihadang oleh aparat dengan kekuatan penuh dan tidak mengijinkan aksi demo dilakukan.

“Yang ditangkap adalah ketua satu KNPB Puast Agus Kossay dan Sekertaris I KNPB Pusat Mecky Yeimo. Jubir KNPB Pusat Bazoka Logo juga ikut ditangkap bersama sejumlah aktivis KNPB lainya. Nama-nama mereka akan menyusul,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Ketua satu KNPB wilayah Sentani Agus Bahabol dan 5 anggota KNPB ditangkap Polisi di Sentani dan diarahkan ke Polres Kabupaten Jayapura di Doyo Sentani.
Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Paulus Waterpauw melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, Kombes Pol Patrige Renwarin mengatakan, polisi tak akan memberikan ijin.
“Kan sudah jelas. Kapolda sudah tegas, organisasi ini tidak terdaftar. Tak ada ijin demo. Kalau mereka tetap demo akan dibubarkan. Apalagi demo itu bertentangan dengan kedaulatan negara. Itu jelas melanggar dan tak bisa dibenarkan,” ucapnya.
Massa aksi di depan gapura Uncen Waena dibawa aparat dua kali, yang pertama tiga truk dan yang kedua satu truk. (*)
Sumber : Tabloidjubi

No comments

Silahkan menanggapi melalui kolom ini dengan bahasa yang santun, link aktif berupa spam dan link p*rno, togel akan dihapus.

Theme images by Petrovich9. Powered by Blogger.