Siapakah Bangsa Papua itu?


Bangsa Papua adalah mereka yang mendiami Pulau Papua sejak zaman dunia diciptakan sampai saat ini, mereka yang tersebar di 7 Wilayah Adat , dimulai Mamta, Saireri, Doberay, Bomberay, Ha Anim, Mee Pago dan La Pago. Hidup dengan kejujuran dalam menjaga kelestarian budaya bangsa dan juga keharmonisan antara wilayah-wilayah yang ada. Yang didalam 7 wilayah itu dibagi kedalam bentuk suku dan sub suku dengan bahasa yang berbeda. Bahasa persatuan yang telaj lama di pakai adalah melayu
Papua terkenal dengan burung cenderawasih yang terus diburu dan hampir punah, dan keindahan panorama serta penghasil rempah-rempah pada masa lampau.

Disebut “Bangsa Papua”  sejak ditetapkan pada Kongres Rakyat Papua I, tanggal 19 Oktober 1961. Bangsa Papua mulai mengalami degradasi dan pengikisan pada budaya ketika zaman feodal terjadi. Bangsa-bangsa asing mulai masuk dengan 3G nya, Gold Glory Gospel.  
Kedatangan bangsa-bangsa asing inipun dengan berbagai alasan. Dan dari semua bangsa-bangsa tersebut bangsa yang bernama Indonesialah yang terakhir masuk dan mengklaim. Membuat petaka bagi bangsa Papua.

Diamkah bangsa Papua? Menerima perlakuan dari pendudukan ini? Ternyata tidak. Karena fakta sejarah berbicara lain. Banyak penumpasan terhadap perjuangan Bangsa Papua untuk kedaulatan Bangsa dan Negaranya tetapi tidak mampu menepis semangat perjuangan itu. Bangsa Papua terus bangkit untuk melawan pendudukan itu. Bangsa Papua tidak mengenal lelah. Mati satu tumbuh sejuta, hilang satu berganti terus dan berganti sampai para bangsa asing itu keluar dari tanah air bangsa Papua.

Bangsa Papua dicap tertinggal, masih bodoh dan terbelakang. Itu kata bangsa yang menjajah. Tetapi tidak demikian dengan bangsa Papua. Bangsa Papua adalah bangsa yang sangat maju, bangsa yang pandai,  menghormati bangsa lain. Saking menghormatinya mereka membiarkan berbagai macam bangsa-bangsa datang mencari makan dan penghidupan yang layak diatas tanah airnya.

Bila bangsa Papua masih tertinggal dan bodoh, mengapa sudah ada rumusan dan bentukan negara yang diperjuangkan? Bahkan Negara yang diperjuangkan itu jauh lebih sempurna lahir dari kesadaran rakyatnya. Bukan seperti Negara Indonesia hasil dari seorang soekarno - hatta.

Bangsa Papua akan bangkit untuk memimpin dirinya sendiri. Terlepas bebas dari ikatan persatuan palsu dengan bangsa lain yang dating menjajah.

Salam Juang
@Phaul Heger

Related : Siapakah Bangsa Papua itu?