Inilah Orang Paling Berpengaruh di Muka Bumi

Vladimir Putin. Foto: AFP
Vladimir Putin. Foto: AFP
NEW YORK - Forbes, Rabu (4/11), menasbihkan Presiden Rusia Vladimir Putin, 63, sebagai orang paling berpengaruh di muka bumi. Bukan sekali itu saja Putin mendapatkan pengakuan tersebut dari majalah bergengsi di New York itu. Bapak dua anak tersebut sudah tiga kali berturut-turut menjadi orang nomor satu paling berpengaruh di dunia.

''Putin terus membuktikan bahwa dia satu dari sedikit pria di dunia yang cukup kuat untuk melakukan apa yang dia inginkan,'' tulis Forbes.

Dalam ulasannya, Forbes menuliskan bahwa rating Putin tidak menurun sama sekali. Bahkan, setelah negara-negara barat memberikan sanksi pada Rusia dan membuat resesi di negara tersebut kian parah, Putin tetap dipuja. Di Rusia popularitas Putin bahkan melonjak hingga 90 persen.

Keputusan Putin untuk melakukan operasi serangan udara dan darat di Syria serta pertemuannya dengan Presiden Syria Bashar al-Assad telah membuat Amerika Serikat (AS) dan NATO tampak lemah di wilayah Timur Tengah karena kalah dengan sepak terjang Putin.

Terlebih, ketika serangan Rusia di Syria berhasil membunuh ratusan militan dan menghancurkan berton-ton persenjataan teroris serta infrastruktur mereka, Putin kian tidak bisa dipandang sebelah mata. Operasi serangan yang dilakukan Putin juga membantu membangun kembali pengaruh Negeri Beruang Merah di luar negeri.

Posisi kedua diduduki Kanselir Jerman Angela Merkel. Tahun lalu Merkel bertengger di posisi kelima, tetapi tahun ini berhasil menggeser posisi Presiden AS Barack Obama. Merkel memang baru-baru ini menjadi perbincangan karena sikapnya terhadap pengungsi dari Syria.
Merkel membuka lebar-lebar negaranya untuk para pengungsi saat negara-negara lain menutup pintu. Dia juga tidak mengubah keputusannya saat popularitasnya turun di dalam negeri.

Obama malah harus tergeser ke posisi ketiga. Itu kali pertama Presiden AS tidak bertengger di posisi dua besar. Jelang berakhirnya jabatannya sebagai orang nomor satu di AS, Obama telah kehilangan kekuatan dan pengaruhnya. Meski begitu, Forbes tetap menganggap AS memiliki perekonomian, budaya, diplomasi, teknologi, dan kekuatan militer terbesar di dunia.

Paus Fransiskus menduduki posisi keempat, disusul dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Bill Gates. Ada 73 nama orang berpengaruh yang dikeluarkan Forbes. Mereka terdiri atas kepala negara, miliarder, dan orang-orang yang dermawan. Sebayak 28 orang di antara daftar tersebut adalah para taipan.
Selain itu, 30 orang dari daftar tersebut adalah penduduk AS. Seperti tahun lalu, hanya ada sembilan perempuan yang dianggap Forbes memiliki pengaruh pada dunia.

Tahun ini ada delapan nama baru yang masuk. Antara lain, Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi yang duduk di posisi ke-14, kandidat Presiden AS Hillary Clinton di posisi ke-58, dan Donald Trump di posisi ke-72. Juga ada nama orang terkaya Tiongkok, Wang Jianlin, di posisi ke-68.

Ada ratusan nama kandidat dari berbagai belahan dunia dan beragam profesi yang masuk. Mereka disaring dalam empat kriteria. Yang pertama, orang tersebut memiliki pengaruh terhadap banyak orang dan merupakan contoh yang baik. Kriteria kedua, kondisi finansial.

Bagi kepala negara, yang dipakai pertimbangan adalah produk domestik bruto (PDB) dari negaranya. Untuk pengusaha, yang dipertimbangkan ialah pendapatan perusahaannya. Penyaring ketiga, kekuatan setiap kandidat di berbagai belahan dunia. Yang terakhir, seberapa aktif dan sukses setiap kandidat dalam menggunakan kekuatan mereka.

 ''Pemberian peringkat apa pun terhadap orang paling berpengaruh akan menjadi subjektif. Jadi, kami tidak berpura-pura bahwa milik kami tidak demikian. Ini ibarat awal dari sebuah pembicaraan, bukan kalimat pemungkas,'' tulis Forbes. (Forbes/Russia Today/sha/c20/ami)

Tokoh Paling Digdaya Versi Forbes
1. Presiden Rusia Vladimir Putin
 2. Kanselir Jerman Angela Merkel
3. Presiden AS Barack Obama
4. Paus Fransiskus
5. Presiden Tiongkok Xi Jinping
6. Bill Gates
 14. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud
 58 Kandidat Presiden AS Hillary Clinton
 68 Wang Jianlin
 72 Donald Trump

Kalo suka, jang lupa klik "like/suka" di bawah ini:

Related : Inilah Orang Paling Berpengaruh di Muka Bumi