Koramil 1711-03/Tanah Merah berencana akan memasang 1.500 bendera Merah Putih


Sambut Hari Kemerdekaan, 1.500 Bendera Merah Putih Bakal Berkibar di Tanah Merah Papua

Jakarta, HanTer-Dalam rangka menyambut HUT ke-70 Kemerdekaan RI pada 17 Agusutus 2015 mendatang, Komando Rayon Militer (Koramil) 1711-03/Tanah Merah berencana akan memasang 1.500 bendera Merah Putih di sepanjang jalan trans Papua.

Kesatuan dan jajaran di bawah Kodam mulai menyemarakan wilayahnya masing-masing dengan berbagai kegiatan, di antaranya memasang bendera Merah Putih. "Maka itu, jajaran Korem 174/ATW khususnya Kodim 1711/Boven Digoel menyemarakan peringatan HUT RI ke-70 dengan berbagai atribut kemerdekaan. Dan oleh Koramil 1711-03/Tanah Merah melakukan pemasangan 1.500 Bendera Merah Putih," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Minggu (2/8/2015).

Kegiatan itu, kata Teguh, untuk membuka hati masyarakat yang belum menyadari apa arti kemerdekaan dan juga mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi memeriahkan HUT RI dengan meriah. "Sementara itu di Kabupaten Merauke, sejak Sabtu (31/7), jajaran disana mulai memasang bendera Merah Putih di lingkungan perumahan Mako Yonif 755/Yalet dan di jalan-jalan," katanya.

Pemasangan bendera Merah Putih itu juga nantinya tidak hanya dipasang ditempat-tempat strategis melainkan dikendaraan pribadi dan kendaraan dinas. "Menurut Bapel Kima Serka Edi Utomo mengatakan bahwa hal yang bisa kita lakukan adalah menyemarakkan Kemerdekaan Republik Indonesia untuk mengenang jasa para Pahlawan yang dulu berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, TNI AD akan senantiasa meneruskan perjuangan para Pahlawan dan senantiasa menjaga keutuhan wilayah NKRI," katanya.

Eforia yang sama juga ditunjukan oleh personil Yonif 754/ENK. Pemasangan bendera Merah Putih dan juga umbul-umbul di sekitaran Mako yonif serta kantor dan juga di perumahan di dalam lingkungam Kesatriaan.

"Kegiatan pemasangan bendera Merah Putih serta umbul-umbul itu diikuti sekitar 15 personil Yonif 754/ENK yang dimulai pada pukul 08.00 WIT hingga berakhir pada pukul 11.00 WIT. Eforia penyambutan HUT kemerdekaan RI yang ke-70 kali ini menandai akan sebuah perubahan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia menuju masyarakat, adil dan makmur," katanya.


(Ind)

sumber : http://www.harianterbit.com/

 
Apalah artinya sebuah peringatan kemerdekaan yang besar apabila rakyat Papua masih merasa terjajah, masih merasa hak politik dirampas, masih menuntut kemerdekaan?
Nasionalisme yang semakin memudar seiring berjalannya waktu. Hampir setengah abad kami generasi papua dipaksakan untuk mengakui kemerdekaan itu tetapi sesungguhnya kini kami sadari bahwa kami juga sebuah bangsa yang berhak untuk menentukan masa depan bangsa dan negara kami untuk berdaulat dan sejajar dengan negara-negara merdeka didunia. (Phaul Heger)

Related : Koramil 1711-03/Tanah Merah berencana akan memasang 1.500 bendera Merah Putih