Tuesday, June 18, 2013

PNG DAN INDONESIA TANDATANGANI 11 KESEPAKATAN

Presiden Republik Indonesia, SusiloBambang Yudhoyono menganggap kunjungan Perdana Menteri PNG O’Neill ke Indonesia sangat signifikan untuk mengembangkan dan meningkatkan kerja sama antara kedua negara menyusul pertemuan sebelumnya di Honolulu dan dalamForum Demokrasi di Bali tahun lalu.

“Kunjungan ini sangat penting  dan tidak hanya bagi kedua negara` hubungan bilateral tetapi juga untuk meningkatkan dan memperkuat hubungan serta kemitraan kami. Kami telah sepakat untuk bekerja dan mencari banyak kesempatan serta yang kemitraan komprehensif, “katanya.

Sementara itu Perdana Menteri Papua NewGuinea  O `Neill mengatakan sangat senang atas sambutan yang telah diberikan kepadanya dan delegasinya.

Dikatakan sebagai tetangga dekat PNG dan Indonesia bisa terus mengembangkan kerjasama yang lebih luas.
PNG dan Indonesia telah menandatangani beberapa perjanjian utama menandai era baru dalam hubungan kedua negara.
Semua perjanjian itu terdapat di dalam 11 Nota Kesepakatan yang ditandatangani antara kedua pemerintah.


Salah satu dari 11 MoU itu  adalah perjanjian kemitraan komprehensif atau perjanjian dasar yang akan meningkatkan kerja sama bilateral, people to people contact dan pembangunan perbatasan.
Perjanjian lainnya dalah pembukaan penerbangan dari Port Moresby ke Jakarta melalui Denpasar Bali dengan layanan udara  Air Niugini yang memulai penerbangan perdananya Agustus 2013 mendatang, perjanjian ekstradisi, dan perjanjian olahraga, minyak bumi dan pengembangan sumber daya energi, pengembangan sumber daya mineral, pendidikan dan pelatihan diplomatik, pendidikan tinggi kerjasama, kerjasama pemuda, pariwisata dan budaya dan olahraga.

Kerja sama energi antara PNG dan Indonesia adalah soal energi, saat ini di Kota Jayapura sedang dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PLTU Holtekamp, Jayapura berkapasitas 2×10 Mega Watt (MW). PLTU ini akan distribusikan melalui jaringan transmisi 70 KV Holtekamp ke Jayapura bahkan ke PNG Sandaun Province tetangga terdekat dengan Provinsi Papua. (Jubi/Dominggus A Mampioper)

Sumber : Jubi

4 komentar:

  • Tyo Ahmad says:
    June 18, 2013 at 8:52 PM

    aku cinta papua.. jangan lah kau pisah dengan kami papua.. aku akan sangat kehilanganmu papua..

    #rakyat indonesia

  • Epesus Sus says:
    June 18, 2013 at 10:10 PM

    Terserah kau menangis darahpun kmi tdk peduli, krn ras kita beda.

  • SWILLSOND Maichle KWALIK says:
    July 19, 2013 at 4:11 AM

    fre west papua.

  • Epesus Sus says:
    August 6, 2013 at 7:14 PM

    Good babyee indonesia

Post a Comment

Silahkan Masukan pendapat Anda :

Popular Posts